Salin Artikel

Catat, Ini Kategori WNI yang Boleh Masuk ke Singapura

Sebab hingga saat ini otoritas Singapura belum membuka penuh pintu masuk, bagi WNI yang ingin berliburan ke Singapura.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Achmad Farchanny mengatakan untuk keberangkatan WNI ke Singapura, hanya untuk beberapa kategori khusus.

"Karena Indonesia masuk dalam kategori III. Ketentuan keberangkatan ini mengikuti aturan dan kebijakan yang diterapkan negara tujuan atau Singapura," kata Achmad Farchanny melalui telepon ke Kompas.com, Selasa (26/10/2021).

Dalam aturan tersebut, Facharany juga menegaskan bahwa dengan kategori khusus ini, maka Singapura belum membuka pintu bagi turis.

WNI yang diperbolehkan masuk Singapura

Meskipun sudah ada kebijakan untuk memperbolehkan WNI masuk ke negara patung singa tersebut.

Ketentuan pembukaan untuk WNI sementara ini hanya untuk mereka memiliki visa khusus, seperti pelajar yang menempuh pendidikan di Singapura, dan WNI yang bekerja di sana.

Syarat yang harus dipenuhi di antaranya hasil negatif PCR tes dalam kurun waktu 2x24 jam, menjalani proses karantina selama 10 hari di Singapura.

"Jadi harus ikut ketentuan mereka. Untuk itu bagi mereka yang ingin berwisata harus bersabar dulu, hingga adanya kebijakan baru dari Singapura terkait pembukaan pintu masuk bagi wisman, khususnya dari Batam," jelas Achmad.


Pembukaan perbatasan dilakukan hati-hati, seiring ancaman gelombang ketiga Covid-19

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, pembukaan pintu masuk bagi kedua negara dibuka dengan sangat hati-hati.

Kedua negara masih berusaha mengendalikan Covid-19, dimana Batam saat ini juga masih mempersiapkan diri dengan menyukseskan vaksinasi, dan survei imun.

"Pak Wali tidak mau buru-buru, dan saya rasa mereka negara tetangga juga melakukan hal yang sama, sebab gelombang ketiga masih mengancam, kalau salah ambil keputusan,” kata Amsakar.

Ia mengatakan, sebagai wakil kepala daerah dirinya berkewajiban menjaga dan memastikan kondisi aman untuk dikunjungi, begitu sebaliknya.

“Sebab kalau sudah ada satu kasus saja, pasti dampaknya luar biasa. Sekarang sudah cukup baik kondisi, saya tak ingin kondisi memburuk akibat terburu-buru," papar Amsakar.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/26/150545778/catat-ini-kategori-wni-yang-boleh-masuk-ke-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke