Salin Artikel

2 Hari Berturut-turut, Penyu Ditemukan Mati di Pantai Bantul dan Gunungkidul

Selama dua hari ada dua penyu yang ditemukan mati di perairan selatan DIY.

Sekretaris Sar Satlinmas Wilayah IV, Kabupaten Bantul, Nugroho menyampaikan penemuan penyu yang diperkirakan jenis Lekang ini ditemukan wisatawan saat berjalan, dan mencium bau busuk di Pantai Pandansari.

"Setelah didekati ternyata seekor penyu yang sudah mati dan sudah mengeluarkan bau busuk," kata Nugroho saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon Senin.

Wisatawan tersebut langsung melaporkan ke pihak Pengurus pantai Gua Cemara yang tak jauh dari lokasi, lalu diteruskan ke SAR Satlinmas.

Penyu memiliki panjang karapas atau cangkang keras 80 sentimeter dan lebar 64 sentimeter dengan bobot lebih dari 30 kilogram

Pihaknya bersama anggota TNI AL Posal Pantai Samas, pengurus penangkaran penyu Goa Cemara, Ditpolairud mendatangi lokasi penyu terdampar.

Nugroho mengatakan, diduga penyu mati sudah lebih tiga hari karena sudah mulai membusuk dan mengeluarkan bau.

"Tadi langsung dikubur agar tidak menimbulkan bau menyengat," kata Nugroho.

Sebelumnya, seekor penyu berukuran cukup besar ditemukan mati dengan beberapa luka pada bagian kaki dan kepala di Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, Minggu (24/10/2021).


Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto menyampaikan, penyu ditemukan oleh salah seorang warga yang sedang beraktivitas di sekitar pantai Sepanjang sekitar pukul 05.30 WIB.

"Warga yang pertama kali menemukan yakni Heri, dia sedang beraktivitas di tepi pantai, saat berjalan di pasiran melihat benda yang mencurigakan dan ber bau menyengat," kata Suris saat dihubungi melalui sambungan telepon Minggu.

Setelah didekati ternyata penyu yang sudah mati dan mengeluarkan bau menyengat.

Jenis penyu belum diketahui, untuk berat sekitar 35 kilogram, panjang 50 sentimeter, dan lebar 30 sentimeter.

"Saksi kemudian memanggil warga lain dan petugas sar pantai sepanjang kemudian penyu tersebut di evakuasi menepi," kata Heri.

Penyu yang belum diketahui jenisnya itu langsung dikubur.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/25/113530678/2-hari-berturut-turut-penyu-ditemukan-mati-di-pantai-bantul-dan-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke