Salin Artikel

Bobby Nasution Minta Bantuan KSP untuk Perbaikan Lapangan Merdeka Medan

Bobby mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Medan sedang fokus membenahi dan menata kawasan Kota Lama Medan, khususnya Kesawan.

"Sebab, kawasan itu terdapat potensi dan sesuatu yang menjadi nilai cagar budaya. Pemkot Medan juga akan merevitalisasi kawasan Lapangan Merdeka Medan guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat," ujar Bobby Nasution seperti dikutip dari Tribun Medan, Minggu (24/10/2021).

Hari ini, Bobby menerima kunjungan dari jajaran Kedeputian II KSP di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman, Medan. Rombongan KSP dipimpin Tenaga Ahli Madya Kedeputian II KSP, Nuraini.

Kepada pejabat KSP, Bobby Nasution menuturkan bahwa Pemkot Medan telah berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan pihak-pihak terkait guna merealisasikan hal tersebut.

"Apa yang kami lakukan ini bukanlah wacana. Maka, secara matang kami persiapkan dengan sebaik mungkin, sehingga nantinya juga melahirkan hasil terbaik pula," ujar Bobby.

Menurut Bobby, penataan kawasan Lapangan Merdeka nantinya akan dilakukan bersamaan dengan pelestarian budaya dan nilai-nilai yang melekat di Kota Medan.

"Tujuan kita adalah penataan kota, sekaligus upaya pelestarian budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati tidak hanya bangunan fisik saja, tapi juga manfaatnya (secara budaya)," kata dia.

Bobby Nasution memperlihatkan gambaran konsep penataan yang nantinya akan diterapkan di kawasan Lapangan Merdeka Medan kepada pejabat KSP.

Dia meminta agar KSP mendukung proyek tersebut supaya bisa berjalan lancar.

"Kita butuh partisipasi dari semua pihak, terutama masyarakat. Apalagi, upaya yang kita lakukan ini menjadi bentuk implementasi dari masukan dan saran masyarakat. Untuk itu, kami minta dukungan dan bantuan KSP agar apa yang direncanakan dapat direalisasikan," kata Bobby.


Tanggapan KSP

Sementara itu, Tenaga Ahli Madya Kedeputian II KSP Nuraini mengatakan, kedatangannya beserta rombongan untuk melakukan monitoring dan evaluasi, sekaligus mengetahui kendala yang dijumpai Pemkot Medan dalam merealisasi program pembenahan kota, terutama yang berkaitan dengan unsur kebudayaan.

Ia mengatakan, Kedeputian II KSP memiliki tugas untuk membantu percepatan, pengendalian, monitor dan evaluasi penyelesaian masalah program prioritas nasional.

Isu strategis yang ditangani KSP juga termasuk bidang pendidikan, kesehatan, jaminan sosial, perempuan dan anak, agama, kebudayaan, riset dan teknologi, pemuda dan olahraga, desa, agraria dan kebencanaan.

Nuraini menyatakan bahwa pihaknya siap membantu agar rencana Pemkot Medan dapat terealisasi.

"Bahkan, jika kontribusi kita dalam merealisasi upaya pembenahan kota, terutama kawasan Lapangan Merdeka, maka nanti akan kami jadikan sebagai start point untuk diterapkan di kota-kota lainnya," kata Nuraini.

Artikel ini telah tayang di TribunMedan.com dengan judul: Bereskan Lapangan Merdeka, Bobby Nasution Minta Bantuan Kantor Staf Presiden

https://regional.kompas.com/read/2021/10/24/165653378/bobby-nasution-minta-bantuan-ksp-untuk-perbaikan-lapangan-merdeka-medan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke