Salin Artikel

Ajari Pekerja Membersihkan Area Makam Bung Karno, Risma: Harus Bersih, Sampai Bisa Dipakai Buat Ngaca

Risma tiba di Makam Bung Karno sekitar pukul 16.10 WIB. Ia langsung menginstruksikan anak buahnya agar membersihkan area makam.

Berbeda dengan pejabat lain, Risma yang didampingi Wali Kota Blitar Santoso, hanya sebentar berdoa di depan pusara Makam Bung Karno.

Selanjutnya, mantan Wali Kota Surabaya itu berkeliling di dalam pagar makam dan mengecek satu per satu berbagai ornamen dan fasilitas yang ada.

Beberapa kali Risma memanggil para pekerja untuk menginstruksikan yang harus dilakukan.

Di samping bangunan paseban pusara makam, misalnya, Risma menginstruksikan seorang pekerja Kementerian Sosial membersihkan lampu yang mengelilingi pusara makam.

Lalu di sisi barat laut paseban, Risma bahkan mencontohkan cara mengepel marmer.

"Ini lihat, harus bersih sampai bisa dipakai buat ngaca," kata Risma kepada dua pekerja.

Risma lantas bergerak ke arah pintu gerbang, masih didampingi Santoso dan Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono, dan mendekati pot bunga besar.

"Anak-anak mana, kok pada kemana. Ayo tak ajari ayo," ujarnya.

Di dekat pintu gerbang makam, Risma juga terlihat memegang selang dan menyemprotkan air ke konstruksi gerbang makam. Sementara seorang pekerja menyikat konstruksi gerbang yang terbuat dari marmer itu.

Bantu biaya perawatan Makam Bung Karno

Sekitar satu jam kemudian, wartawan meminta wawancara. Usai wawancara, Risma kembali melanjutkan kegiatan bersih-bersih area Makam Bung Karno.

"Ini bukan penataan ulang, hanya maintanance, hanya dari kita nanti akan ada penataan, bukan penataan tapi penambahan lighting," kata Risma.

Risma mengatakan, kedatangannya ke Makam Bung Karno merupakan rangkaian kunjungannya ke makam pahlawan di daerah menjelang Hari Pahlawan pada 10 November.

Ia mengatakan, awal pekan ini dirinya telah mengunjungi makam Mohammad Hatta (Bung Hatta) di Tanah Kusir, Jakarta, untuk melakukan hal serupa.

Selanjutnya, ia juga mengunjungi makam Cut Nyak Dien di Sumedang, Jawa Barat, dan telah merencanakan perbaikan makam bersama Bupati Sumedang.


Terkait Makam Bung Karno, Risma menyatakan Kementerian Sosial akan memberikan biaya perawatan rutin.

"Sudah koordinasi dengan Pak Wali ke depan akan bantu operasionalnya supaya tidak berat.  Jadi berbagi, begitu," ujarnya.

Penataan TMP Kalibata

Pada kesempatan itu, Risma menyebutkan penataan yang dilakukan Kementerian Sosial atas Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kata dia, setelah kementerian melakukan sejumlah perbaikan dan penataan kini TMP Kalibata menjadi lebih bersih.

Dengan penambahan lampu-lampu, ujarnya, TMP Kalibata pada malam hari menjadi terang dan nyaman dijadikan tempat nongkrong bagi warga.

"Saya juga sudah sampaikan perbaikan apa namanya di Kalibata cukup signifikan. Sekarang kalau malam orang semua jadi bisa jadi tempat apa namanya berkumpul warga, menjadi salah satu tempat aktivitas warga. Gitu," ujarnya.

Risma mengatakan, Kementerian Sosial kini juga akan memberikan perhatian ke makam-makam pahlawan yang ada di daerah, termasuk Makam Bung Karno.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/24/072541678/ajari-pekerja-membersihkan-area-makam-bung-karno-risma-harus-bersih-sampai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke