Salin Artikel

109 Obyek Wisata di Banyumas Sudah Buka, tapi Hanya 1 yang Punya QR Code PeduliLindungi

Meski demikian, dari 109 obyek wisata yang tersebar di berbagai wilayah di Banyumas, baru satu obyek wisata yang bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Baru Lokawisata Baturraden yang sudah punya QR code aplikasi PeduliLindungi," kata Kepala Dinas Pemuda, Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas (Dinporabudpar) Asis Kusumandani saat dihubungi, Jumat (22/10/2021).

Seperti diketahui, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) pengunjung obyek wisata pada masa PPKM level 2 wajib mengunakan aplikasi PeduliLindungi.

Asis mengungkapkan, terdapat kendala yang menyebabkan pengelola tempat wisata tidak bisa menyediakan aplikasi PeduliLindungi untuk para wisatawan.

"Ternyata di dalam menu PeduliLindungi yang pariwisata enggak ada. Ini sedang kami koordinasikan sama Pemprov Jateng dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," ujar Asis.

Meski belum dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi, kata Asis, Pemkab Banyumas memberikan kelonggaran terhadap pengelola wisata untuk tetap beroperasi.

"Karena level 2 sudah boleh buka, ini sambil jalan kami berupaya terus. Yang terpenting harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes), setiap obyek wisata juga sudah punya Satgas Covid-19," kata Asis.

Asis menambahkan, saat ini anak usia 12 tahun ke bawah juga diperbolehkan berkunjung ke tempat wisata dengan pendampingan orangtua.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/22/164737278/109-obyek-wisata-di-banyumas-sudah-buka-tapi-hanya-1-yang-punya-qr-code

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke