Salin Artikel

Gampong Nusa Aceh, Dulu Luluh Lantak Dihantam Tsunami, Kini Jadi Desa Wisata Terbaik Indonesia

Kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Aceh kali ini untuk melihat langsung salah satu Desa di Aceh yang masuk dalam nominasi 50 besar Desa wisata terbaik Indonesia Bangkit dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Kedatangan Sandiaga Uno ke Gampong Nusa, disambut langsung dengan tari saman, ratoh jaroe dan seudati sebagai tarian khas Aceh.

Di Desa wisata bekas tsunami ini Sandi juga masih dapat menyaksikan langsung permainan tradisional anak. 

"Di Gampong Nusa, saya bisa merasakan permainan anak seperti yang kita rasakan masa kecil, dan saat ini sudah jarang kita jumpai," Kata Sandi Kepada wartawan, di  Gampong Nusa, Rabu (20/10/2021). 

Home stay berstandar internasional

"Dalam kunjungan ini kami juga menyerahkan langsung seprai, sarung bantal, selimut, dan handuk kepada 42 unit home stay milik warga, sehingga fasilitas home stay ini memiliki standar internasional, " Katanya.


Desa wisata edukasi kebencanaan

Untuk mengembangkan Gampong Nusa, sebagai Desa wisata terbaik di Indonesia Sandiaga Uno juga menitipkan kepada Prof Azril Azahari, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia, untuk memjadikan Gampong Nusa sebagai desa wisata kategori edukasi kebencanaan.

Karena Gampong Nusa  merupakan salah satu desa di Aceh yang porak poranda dihantam tsunami 2004 lalu.

"Luar biasa perjuangan Ibu Rubama bersama warga Desa Nusa membangun Gampong wisata dari bekas tsunami.  Ke depan akan kita fasilitas untuk dikembangkan lebih baik lagi, " ujar Sandiaga.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/21/112828978/gampong-nusa-aceh-dulu-luluh-lantak-dihantam-tsunami-kini-jadi-desa-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke