Salin Artikel

Menurut Ridwan Kamil, Pinjol Marak karena Sulit Pinjam Uang di Bank

Sementara, proses pinjaman ke bank konvensional kerap dianggap terlalu ribet.

"Kenapa pinjol ramai, karena mudah mengurusnya. Persepsi perbankan yang rada susah mengurus pinjaman itu harus diubah," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu saat ditemui di Bandung, Selasa (19/10/2021).

Untuk itu, Emil berharap agar bank konvensional bisa memberikan kemudahan serupa, agar warga tak terlilit rentenir.

Ia pun akan berupaya memperbaiki konsep perbankan di Jabar, agar bisa mempermudah proses pinjaman uang.

"Makanya kalau mau memberantas rentenir, bank tradisional atau konvensional harus segesit pinjol, tapi tidak sezolim mereka dalam adminstrasi dan penagihannya. Tahun depan, kita akan konsepkan market pinjol ini. Kita (buat) sisi keuangan perbankan di Jabar dengan memudahkan dan membantu kebutuhan," tutur Emil.

Ia menambahkan, Pemprov Jabar juga sudah berupaya mengisi celah pasar yang dimanfaatkan pelaku bisnis pinjol dengan membuat sejumlah program kredit tanpa agunan dan tanpa bunga.

"Masyarakat bisa contoh Bank BJB punya kredit Mesra, tanpa bunga, syaratnya berbasis rumah ibadah. Kalau dia nasrani ke gereja, kalau dia muslim ke masjid. Sehingga kita ada program warganya jadi ahli ibadah, tapi pulang terbantu. Kita juga ada pinjaman di KUR yang bunganya rendah, sehingga harus dua arah masyarakat gunakan pinjaman dari lembaga keuangan yang tepercaya. Saya juga memotivasi bank daerah," tutur Emil.

Dengan adanya penindakan hukum bagi pelaku pinjol ilegal, Emil berharap, bisa membuka pengetahuan masyarakat tentang bahaya pinjol.

Ia juga mendorong penegakan hukum terus dilakukan untuk meminimalisasi korban yang lebih banyak.

"Derasnya pinjol kemarin mengalahkan literasi yang sudah dilakukan. Dengan ada penegakan hukum, saya senang. Minimal diberhentikan fenomena ini, kemudian digantikan dengan kemudahan sistem perbankan yang konvensional," kata Emil.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menindak tegas pelaku penyalahgunaan pinjaman online (pinjol).

https://regional.kompas.com/read/2021/10/19/221106878/menurut-ridwan-kamil-pinjol-marak-karena-sulit-pinjam-uang-di-bank

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke