Salin Artikel

Cerita Faisal, Korban Selamat Tragedi Susur Sungai: Kegiatan Direncanakan Sebelum Jumatan, yang Ikut Modal Nekat

Saat ditemui media di rumahnya, Faisal mengakui jika ia dan ratusan pelajar yang ikut kegiatan itu hanya modal niat untuk menyukseskan acara.

Pasalnya, pihak sekolah tak membekali mereka dengan alat pengaman.

Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka tersebut juga direncanakan secara mendadak. 

"Kegiatan ini direncanakan sebelum Jumatan di sekolah. Semua siswa kelas 7 dan 8 wajib ikut menyusuri sungai," ujar Faisal di rumahnya, Sabtu (16/10/2021) seperti dikutip dari TribunJabar.id. 

Awalnya, kegiatan menyenangkan penuh canda tawa

Menurut dia, saat kegiatan susur sungai, para siswa disuruh berjalan kaki ke sungai dengan waktu 50 menit. Kegiatan berlangsung menyenangkan, diikuti canda tawa selama perjalanan. 

Faisal mengatakan, ia bahkan awalnya senang bisa bermain di sungai dengan teman-temannya. Namun kemudian canda tawa berubah jadi teriakan histeris.

"Di tempat itu ada yang ke tengah ada yang ke pinggir. Saya lihat yang tenggelamnya, ada guru dan siswa," ucap Faisal. 


Di depan matanya, ia melihat teman-temannya tenggelam. Bahkan sahabat karibnya, Aldo (13), yang jarak rumahnya hanya beberapa meter dari rumah Faisal. 

"Sama si Aldo beda kelompok. Kalau kelompok Faisal 15 orang. (Kelompok Faisal) Ada dua yang tenggelam, orang Brebes sama Ciamis. Perasaannya sedih, sahabat dari kecil si Aldo ini," kata Faisal, yang mengaku selamat gara-gara ditolong oleh perempuan tak dikenal.

Seperti diketahui, tragedi susur sungai ini menewaskan 11 orang siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat.

Empat orang pemancing saat ini jadi saksi kejadian. Mereka juga yang menyelamatkan 14 nyawa guru dan siswa MTs yang tenggelam. 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Susur Sungai Berujung Maut di Ciamis Ternyata Direncanakan sebelum Jumatan, Ratusan Siswa Modal Niat.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/18/053000878/cerita-faisal-korban-selamat-tragedi-susur-sungai--kegiatan-direncanakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke