Salin Artikel

Wagub Prediksi Gelombang Kedatangan Wisman ke Bali Terjadi pada Awal Tahun 2022

Kendati demikian, ia memahami bahwa tak serta-merta wisman akan langsung berdatangan ke Pulau Dewata.

"Hari ini dibuka, hasilnya mungkin baru akan terlihat akhir bulan Oktober atau awal tahun depan," kata pria yang akrab disapa Cok Ace tersebut dalam keterangan tertulis, Kamis.

Alasan soal prediksi gelombang wisman

Cok Ace menyebutkan, prediksi gelombang kedatangan wisman itu didasarkan pada sejumlah pertimbangan, salah satunya adalah persiapan wisman itu sendiri.

Berdasarkan diskusi dengan pelaku usaha yang biasa mendatangkan wisman ke Bali, Cok Ace mengatakan setidaknya dibutuhkan tiga minggu hingga satu bulan bagi wisman untuk melakukan persiapan.

"Karena mereka membutuhkan waktu untuk sosialisasi, menyiapkan visa dan bookingan. Tapi kalau yang charter flight, bisa jadi akan datang lebih cepat,” kata dia.

Selain itu, kesiapan Bali dalam rangka menyambut kedatangan wisman tergambar dari kesiapan pelaku industri pariwisata terkait protokol kesehatan.

Menurutnya, tercatat sudah ada 1.576 tempat usaha termasuk Daerah Tujuan Wisata (DTW) telah mengantongi sertifikat CHSE.

“Pemerintah menargetkan 10.000 aplikasi pada tempat usaha di Bali. Hingga tanggal 10 Oktober 2021, 9.322 tempat usaha di Bali telah menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk,” kata dia.

Meski belum ada penerbangan internasional ke Bali di hari pertama pembukaan pariwisata untuk wisman, ia mengatakan kebijakan tersebut memberi semangat dan harapan baru bagi pelaku pariwisata di Pulau Dewata.

Ia pun mengajak seluruh komponen untuk ikut serta menjaga Bali agar kebijakan pembukaan pariwisata internasional berjalan dengan baik.

"Kita berharap tak ada (wisman) yang positif (Covid-19) tapi bagaimana pun tetap harus kita antisipasi. Kalau ada yang positif, kita akan klasifikasi dalam penempatan," kata dia.

"Mereka yang tanpa gejala kita siapkan hotel isolasi yang telah tersertifikasi dan terhubung dengan rumah sakit. Sedangkan yang bergejala akan langsung dirujuk ke rumah sakit,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/14/161326578/wagub-prediksi-gelombang-kedatangan-wisman-ke-bali-terjadi-pada-awal-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke