Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku Barat Daya, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa itu terjadi sekitar satu jam setelah gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah itu sekitar pukul 18.57 WIT.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon gempa berkekuatan 5,1 magnitudo berpusat pada 7.27 Lintang Selatan dan 130.24 Bujur Timur atau berjarak 84 kilometer arah timur laut Tepa dan 142 kilometer arah barat laut Saumlaki, Kepulauan Tanimbar.

Gempa itu terjadi pada kedalaman 153 kilometer di bawah permukaan laut.

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai dampak yang ditimbulkan dari gempa tersebut. Meski begitu, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” bunyi pernyataan BMKG Stasiun Ambon.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami di Indonesia. Sebab, wilayah Maluku terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan terjadinya patahan tidak beraturan yang berpotensi mengakibatkan gempa.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/13/190951978/gempa-magnitudo-51-guncang-maluku-barat-daya-tidak-berpotensi-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke