Salin Artikel

Sistem Satu Arah ke Jakarta Diterapkan di Puncak Bogor, Wisatawan Bisa Mampir ke Gerai Vaksinasi

Pemberlakuan satu arah ini dilakukan atas diskresi kepolisian untuk antisipasi kepadatan arus balik akhir pekan di kawasan Puncak Bogor.

Pantauan Kompas.com, petugas menghentikan kendaraan roda empat dari arah Jakarta menuju Puncak di pintu Exit GT Ciawi dan sekitaran Pospol Simpang Gadog.

Untuk kendaraan arus balik atau yang akan masuk ke Jakarta dari arah Puncak Pass diprioritaskan.

Sementara itu, di persimpangan jalan atau tepatnya di Simpang Gadog depan Masjid Harakatul Jannah terlihat arus kendaraan masih ramai lancar.

Kendaraan pribadi mobil dan bus pariwisata tampak melintas keluar dari arah atas Puncak menuju pintu masuk GT Tol Ciawi atau arah Jakarta.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata mengatakan, diskresi satu jalur (one way) tersebut dilakukan untuk memprioritaskan kendaraan arus balik yang akan masuk ke wilayah Jakarta dari jalur Puncak Bogor.

Dengan begitu, sistem satu jalur ini diharapkan bisa mempercepat laju kendaraan sehingga tidak terjadi kepadatan panjang seperti hari Minggu sebelumnya.

"Jadi memang adanya ganjil genap ini tidak menghapus pola rekayasa lalu lintas one way karena one way kita laksanakan sebagai cara untuk menguras arus kembali (arus balik akhir pekan)," kata Dicky di Pospol Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu.

"Saat pemeriksaan ganjil genap tadi, kondisi arus lalu lintas terpantau tidak terlalu ramai yang menuju ke Puncak," sambung dia.

Selanjutnya, jalur Puncak Bogor akan kembali dinormalkan dua arah atau diberlakukannya kembali ganjil genap.

"Untuk hari Minggu one way diterapkan mulai pukul 11.30 WIB, sampai dengan dinamika arusnya sepanjang apa nanti, baru kita buka dua arah lagi. Jadi one way ini kita terapkan setelah pemeriksaan ganjil genap jalur Puncak dan Sentul," kata Dicky.

Dicky mengatakan, pemberlakuan one way ini dilakukan setelah penerapan ganjil genap di jalur Puncak dan Sentul.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor sudah menerapkan sistem ganjil genap.

Pada pagi tadi, petugas memutar balik kendaraan pribadi yang pelat nomornya tidak sesuai atau melanggar tanggal genap.

Dicky menambahkan, bagi wisatawan yang terjebak one way bisa mampir ke gerai vaksin mobile yang dibuka di depan Pospol Simpang Gadog, Ciawi.

Ia menyampaikan bahwa vaksin diberikan secara gratis bagi masyarakat yang selama ini belum mendapatkan vaksin pertama dan kedua.

"Kemudian untuk hari ini ada hal yang sedikit berbeda di Pos dua Bandung ini atau Simpang Gadog, di mana kami berkoordinasi dengan Indonesia Pasti Bisa untuk membuka gerai vaksin mobile, jadi bagi wisatawan yang masuk ke Puncak, bisa mampir untuk vaksin secara gratis, ini khusus yang belum dapat vaksin 1 dan 2," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/10/155243478/sistem-satu-arah-ke-jakarta-diterapkan-di-puncak-bogor-wisatawan-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke