Salin Artikel

Tol Cisumdawu Beroperasi Awal 2022, Wisata Sumedang Diminta Mempersiapkan Diri

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan, Tol Cisumdawu untuk seksi I dan II akan rampung akhir 2021.

Pada awal 2022, akses Tol Cisumdawu dari Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang akan mulai dibuka.

"Kami terus akselerasi percepatan pembangunan Tol Cisumdawu ini, karena itu salah satu hal yang bisa memantik lompatan ekonomi di Kabupaten Sumedang, khususnya bidang pariwisata," ujar Herman kepada Kompas.com di Sumedang, belum lama ini.

Herman menuturkan, beroperasinya Tol Cisumdawu akan membuka satu dari tiga kunci pariwisata daerah dapat berkembang.

"Kunci pariwisata itu ada tiga, aksesibilitas, amenitas dan atraksi. Aksesibilitas ya jalan. Kalau dari Bandung ke Sumedang hanya 30 menit, saya kira itu kan peluang yang sangat dahsyat untuk Sumedang menjadi destinasi utama pariwisata di Jawa Barat," tutur Herman.

Saat ini, kata Herman, Sumedang belum menjadi destinasi utama pariwisata di Jawa Barat. Baru menjadi destinasi alternatif.

"Mudah-mudahan dengan ada jalan tol, maka kalau para wisatawan dari Jakarta semuanya ke Bandung dan Bandung overload, maka Sumedang yang dituju," sebut Herman.

Herman menyebutkan, setelah kunci pertama terbuka yaitu aksesibilitas, Sumedang harus mempersiapkan amenitasnya.

"Amenitas ini sarana prasarana pendukung. Selain hotel, juga adanya keberadaan home stay di sekitar lokasi wisata," sebut Herman.


Kemudian, kata Herman, dari sisi atraksi, Sumedang kaya akan seni dan budaya juga memiliki sejumlah spot paralayang yang mendunia, mulai dari Kampung Toga hingga Batudua.

"Ini kan luar biasa. Kalau tol sudah selesai Sumedang punya tiga-tiganya. Jadi nantinya, ketika ekonomic reborn, bagaimana pun juga kita lama ada di PPKM level 3, ketika sudah di level 2, orang kan akan mencari wisata berbasis alam dan budaya. Ini harus ditangkap, jangan disia-siakan," ujar Herman.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta pengelola objek wisata di Sumedang sudah mulai mempersiapkan diri jelang beroperasinya Tol Cisumdawu.

"Kami (Pemkab Sumedang) sudah meminta kepada pengelola tol untuk di jalan tol nanti tersedia penunjuk arah menuju objek wisata di Sumedang. Ada 6 exit tol di wilayah Sumedang ini. Selain itu, di rest areanya juga nanti 70 persen adalah spot-spot UMKM Sumedang," ujar Dony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dony menuturkan, yang harus dipersiapkan utamanya adalah protokol kesehatan mengingat pandemi belum bisa diketahui kapan akan berakhir.

"Pastikan protokol kesehatannya berjalan, aplikasi PeduliLindungi-nya ada, tempat wisatanya bersih. Sehingga wisatawan yang datang merasa nyaman dan aman dari penyebaran Covid-19," tutur Dony.

Sementara itu, Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) Jawa Barat Heni Smith mengatakan, Sumedang punya banyak potensi wisata alam yang memikat.

"Potensi wisata Sumedang luar biasa, sangat berpotensi sekali, apalagi dengan adanya jalan tol," ujar Heni saat melantik pengurus DPC Putri Sumedang di Kampung Karuhun, Citengah, Sumedang Selatan, belum lama ini.

Heni menuturkan, yang harus diperhatikan Sumedang ke depan adalah adanya kekompakan antara pelaku wisata, pemerintah dan stakeholder terkait pariwisata lainnya.

"Jadi wisata itu juga tidak bisa berdiri sendiri. Harus menyambung dengan lingkungan sekitar dan juga tempat-tempat wisata lainnya. Sehingga makin ramai, makin banyak wisata yang akan hadir di sini (Sumedang)," kata Heni.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/10/140222378/tol-cisumdawu-beroperasi-awal-2022-wisata-sumedang-diminta-mempersiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke