Salin Artikel

Sowan Kiai, Kapolda Jatim Ingin Santri Jadi Penyambung Lidah Pentingnya Prokes dan Vaksinasi

Hal ini dia katakan saat bersilaturahmi ke kediaman ulama di Jatim bersama sejumlah pejabat utama Polda Jatim.

"Para santri dan santriwati nantinya menjadi penyambung lidah kepada warga masyarakat di sekitar tempat tinggal mereka, untuk menyampaikan terkait protokol kesehatan dan pentingnya pelaksanaan vaksinasi sebagai bentuk strategi preventif dan kuratif penanganan Covid-19," papar Irjen Pol Nico Afinta saat dikonfirmasi, Jumat (8/10/2021).

Selain untuk silaturahmi, safari juga dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan percepatan vaksinasi di wilayah Jatim.

Nico berharap, wilayah aglomerasi di Jatim segera mencapai hasil maksimal dalam percepatan vaksinasi.

Wilayah itu adalah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbang Kertosusila).

Sowan Gus Ali

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda sowan langsung dengan K.H. Agoes Ali Mashudi, atau kerap disapa Gus Ali, selaku pimpinan Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo di kediamannya Jalan Kyai Dasuki, Lebo, Sidoarjo.

"Kemarin kami bersama pejabat utama Polda Jatim kami melakukan komunikasi, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pimpinan pondok pesantren dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, selain itu juga percepatan vaksinasi khususnya di lingkungan pondok pesantren dan rumah ibadah yang ada di Sidoarjo," kata Nico.

Kapolda Jatim berharap, dengan silaturahmi, percepatan vaksinasi dapat terwujud, sehingga herd immunity dapat terbentuk di Jawa Timur.


Nico juga mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan, walaupun zona Covid-19 di Jawa Timur sudah kuning.

Dia meyakini, lonjakan Covid-19 di Jatim pada gelombang kedua terjadi karena kelengahan warga.

Akibatnya virus dengan mudah dapat menyerang kembali.

Silaturahmi itu, kata Nico, juga merupakan bentuk sinergi antara Polda Jatim dan tokoh agama di wilayah Jatim.

"Pelaksanaan silaturahmi dengan Gus Ali, merupakan upaya menjaga sinergi antara Polda Jatim dengan tokoh agama di wilayah Jawa Timur," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/08/134635478/sowan-kiai-kapolda-jatim-ingin-santri-jadi-penyambung-lidah-pentingnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke