Salin Artikel

Aktor Gunawan Maryanto Meninggal karena Serangan Jantung

 

Kakak Sepupu Gunawan Maryanto, Agus Basuki, menceritakan sebelum dilarikan ke rumah sakit mendiang sedang mengikuti rapat di Teater Garasi yang beralamatkan di Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

 

 

Saat rapat tiba-tiba Gunawan merasakan mual hingga muntah-muntah, dan juga merasakan sesak napas. 

 

Gunawan kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Ludira Husada oleh kawan-kawannya di Teater Garasi.

 

"Mas Gunawan sedang memimpin rapat di sanggar Teater Garasi. Gunawan merasakan perut sakit, muntah-muntah, dan sesak napas. Lalu diantarkan ke RS Ludira Husada, sebelum Maghrib kami dikabari dan keluarga menunggu hingga meninggal kurang lebih pukul 20.00," kata Agus saat ditemui di rumah duka Blok E22, Dusun Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Kamis (7/10/2021).

 

"Mas Gunawan sempat mendapatkan perawatan dari dokter dipacu, sekitar jam 20.00 dinyatakan meninggal," kata dia.

 

 

Agus mengatakan selama hidupnya Gunawan tidak pernah mengeluh atas kondisi kesehatannya. Menurut dia, Gunawan tidak memiliki riwayat sakit jantung sebelumnya.

 

"Kalau dilihat dari orangtua, hingga Gunawan tidak memiliki riwayat sakit jantung," kata dia.


Nama Gunawan Maryanto melejit saat berperan sebagai Wiji Tukul, di film berjudul Istirahatlah Kata-kata dari Teater Garasi.

 

"Gunawan yang saya tahu terakhir memerankan sebagai tokoh Wiji Tukul, dan itu yang melambungkan namanya terutama di event teater," kata dia.

 

Sementara itu, salah stau rekan Gunawan di Sanggar Teater Garasi, Yudi Ahmad Tajudin menyampaikan Gunawan di Sanggar Teater Garasi sebagai direktur artistik.

 

 

Pada sore hari kemarin, mendiang masih sempat memimpin rapat di Teater Garasi.

 

"Dia sedang rapat atas ide yang digagas beliau. Yakni podcast untuk aktor sepuh, dia hendak mendokumentasikan cara baca, estetika aktor sepuh," kata dia.

 

Di akhir rapat Yudi mendapatkkan kabar bahwa Gunawan tiba-tiba merasakan mual, muntah, dan sesak napas. Lalu Gunawan dilarikan ke RS Ludira Husada.

 

"Saya sendiri tidak berada di studio. Terus teman-teman teater Garasi membawa ke RS Ludira Husada, karena yang terdekat dengan studio," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/07/122642478/aktor-gunawan-maryanto-meninggal-karena-serangan-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke