Salin Artikel

Kabupaten Bogor Jadi Sorotan Pusat soal Vaksinasi, Ini Kata Bupati

Rendahnya capaian vaksinasi di wilayah tersebut dinilai menghambat turunnya status level 3 di kawasan aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Hal itu yang kemudian membuat Kabupaten Bogor menjadi sorotan pemerintah pusat.

Menanggapi hal itu, Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan bahwa vaksinasi terkendala wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang mencapai 5,4 juta jiwa, atau 11,24 persen penduduk Jawa Barat.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, Kabupaten Bogor memiliki target vaksinasi terbanyak di tingkat daerah, yakni 4,2 juta jiwa, atau 8,5 juta dosis vaksin.

"Untuk ketersediaan vaksin masih cukup, hanya saja ada kendala berkaitan dengan kesulitan jangkauan, karena luasnya wilayah kami, sehingga jauh untuk mengadakan vaksinasi di desa-desa, terutama di daerah pelosok dan harus dilakukan secara jemput bola," kata Ade kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Ade mengatakan, kesulitan ini juga telah dikeluhkan oleh para kepala desa seperti di Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Cariu, Tanjungsari, dan Nanggung.

"Mereka mengeluh tentang jangkauan masyarakat ke desa. Jadi ada masyarakat yang kalau jalan kaki, mereka mungkin tidak sanggup karena jauh. Jadi saya kira perlu penjemputan dari desa ke lokasi mereka," ujar Ade.

Meski demikian, Ade tetap optimistis bisa mencapai target 70 persen di akhir tahun, meskipun ada kendala jangkauan luas wilayah tersebut.

Saat ini, Pemkab Bogor sedang berupaya mengebut pelaksanaan vaksinasi massal yang setiap harinya mencapai 50.000 dosis di 40 kecamatan.

Dengan begitu, target 70 persen di akhir tahun akan segera tercapai.

Ade meminta bantuan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan agar ada tambahan dana untuk tenaga vaksinator dalam menjangkau lokasi-lokasi pelosok di Kabupaten Bogor.

Walau demikian, Ade sudah melakukan berbagai upaya untuk mengakselerasi vaksinasi dengan cara kolaborasi dan sinergitas dengan TNI dan Polri.

"Untuk itu kepada pemerintah pusat, selain terus membantu memenuhi kebutuhan dosis vaksinasi, harus juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nakes beserta biayanya," kata Ade.

Merespons hal itu, Luhut mengatakan, pihaknya akan mendorong percepatan vaksinasi di Jabodetabek.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/06/133055378/kabupaten-bogor-jadi-sorotan-pusat-soal-vaksinasi-ini-kata-bupati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke