Salin Artikel

HUT Ke-76 TNI, Haedar Nashir: Jangan Terbawa Arus Kepentingan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak terbawa arus berbagai kepentingan hingga penyalahgunaan kekuasaan.

“TNI jangan terbawa arus berbagai pertentangan kepentingan dan segala bentuk penyalahgunaan kekuasaan, sehingga bersama rakyat dapat tetap menjaga jatidiri, keberadaan, keutuhan, dan persatuan Indonesia,” tutur Haedar melalui keterangan tertulis, Selasa (5/10/2021).

Menurut dia, TNI lahir dalam derap sejarah perjuangan Indonesia.

Perjuangan bersama rakyat melawan penjajah dan menjaga Indonesia pasca merdeka.

Haedar menyampaikan, dengan posisi dan peran kesejarahan, menjadikan TNI memiliki tempat khusus dalam kehidupan bangsa dan negara.

Dengan reorientasi baru pasca-reformasi sehingga memperoleh positioning yang lebih tepat sebagai kekuatan nasional milik seluruh rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Haedar berharap, TNI di usia 76 tahun, dapat semakin mengokohkan jiwa kejuangannya untuk sepenuhnya membela kepentingan bangsa dan negara.

Segenap anggotanya tegak lurus berdiri di atas Dasar Negara Pancasila, menjunjung tinggi nilai luhur, agama, berkebudayaan bangsa, dan tidak terpengaruh ideologi apa pun yang menggerogoti jiwa keindonesiaan.

TNI penting meneguhkan komitmennya dalam menjaga keamanan, dan kedaulatan Indonesia dari berbagai ancaman secara tangguh sejalan perintah konstitusi.

“Bersama dengan segenap institusi kenegaraan lainnya dan seluruh komponen bangsa, TNI niscaya aktif menciptakan persatuan Indonesia agar tetap kokoh dan tidak tererosi oleh benih-benih perpecahan yang dapat meruntuhkan keberadaan dan masa depan Indonesia,” tegas Haedar.

Dia menambahkan, Muhammadiyah senantiasa bekerja sama dengan TNI dan komponen nasional lainnya untuk bersama-sama menjadikan bangsa Indonesia benar-benar merdeka, bersatu, adil, dan makmur sebagaimana dicita-citakan para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dirgahayu TNI. TNI itu milik seluruh rakyat dan niscaya hadir bersama Indonesia,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/05/120315078/hut-ke-76-tni-haedar-nashir-jangan-terbawa-arus-kepentingan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke