Salin Artikel

Update Banjir di Sintang Kalbar, 1 Jembatan Gantung Putus, 6 Rumah Rusak Berat

SINTANG, KOMPAS.com – Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Sugianto menuturkan, ada satu jembatan gantung putus dan beberapa rumah warga rusak berat akibat banjir yang terjadi Minggu (3/10/2021).

“Ada satu jembatan gantung dan enam rumah penduduk yang rusak berat di Kecamatan Ambalau, Sintang, akibat banjir,” kata Sugianto saat dihubungi wartawan, Minggu sore.

Sugianto menjelaskan, banjir dilaporkan terjadi di 40 desa di dua kecamatan yakni, Ambalau dan Serawai.

Selain itu, terdapat ribuan kepala keluarga (kk) terdampak banjir yang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi sejak Jumat (1/10/2021) tersebut.  

“Untuk sementara tidak ada korban jiwa. Kerugian belum bisa ditafsir, sekarang masih dilakukan pendataan oleh pihak kecamatan,” ucap Sugianto.

Sebelumnya, Kapolsek Serawai AKP Muhammad Rasyid mengatakan, pihaknya telah melakukan patroli ke sejumlah desa dengan menggunakan perahu karet.

“Kegiatan patroli bersama dengan Forkompincam Serawai dalam rangka monitor situasi banjir,” kata Rasyid dalam keterangan videonya, Minggu siang.

Diperkirakan banjir mulai terjadi Minggu dini hari, akibat luapan sungai setelah hujan deras dalam dua hari terakhir.

“Dari hasil pantauan tim patrol, ketinggian debit air sungai Melawi dari bahu jalan mencapai kurang lebih enam meter, banjir yang terjadi mengakibatkan kerugian bagi warga,” ucap Rasyid.

Rasyid menerangkan, tidak menutup kemungkinan banjir yang melanda akan semakin meninggi dan menyebabkan kerusakan material serta kerugian materi warga.

“Kamis bersama dengan tim patroli berdialog dengan warga dan mengingatkan agar warga selalu waspada dan memperhatikan keselamatan jiwa,” tutup Rasyid.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/03/165441878/update-banjir-di-sintang-kalbar-1-jembatan-gantung-putus-6-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke