Salin Artikel

Pengusaha Ini Borong Telur Jualan Pedagang, lalu Dibagikan Gratis ke Warga

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Endang Abdul Malik (55), seorang pengusaha ayam petelur sekaligus pengusaha pasir asal Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, membagikan telur gratis ke masyarakat di pinggir jalan baru Padakembang-Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (29/9/2021).

Aksi sama pun dilakukannya terpusat di Perempatan Cipasung, Singaparna, membagikan telur ke setiap warga dengan masing-masing mendapatkan 1 kilogram akibat harga anjlok, Selasa (28/9/2021).

Endang pun mendapatkan telur yang dibagikan gratis kepada warga tersebut dengan cara memborong telur dari para pedagang di wilayah sekitar Kabupaten Tasikmalaya.

"Nah, telur yang saya beli mulai 3 sampai 5 ton ini, saya bagikan ke masyarakat di pinggir jalan. Telur semuanya ini beli dari peternak dan pedagang telur, biar usaha mereka tetap jalan dan tak rugi," kata Endang.

Endang menambahkan, saat ini harga telur anjlok mencapai Rp 15.000 per kilogram di wilayah Tasikmalaya.

Dirinya pun merasa anjloknya harga telur di masa pandemi ini membuat para peternak ayam petelur mengalami kerugian besar.

"Iya harga telur anjlok. Membagi-bagikan telur ini untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19," jelas Endang kepada Kompas.com di rumahnya, Rabu siang.

Ia mengatakan, dirinya turun langsung ke jalanan untuk memberikan telur yang sudah dibungkus kantong kresek seberat 1 kilogram ke seluruh masyarakat dan pengendara yang melintas.

"Saya bantu seperti ini senang saja dan tanpa ada tujuan dan maksud apapun," kata dia.

Sementara itu, Ratna Sulistianingsih (38), pengendara motor asal Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, yang melintas di lokasi pembagian telur mengaku sangat mengenal sosok pria pengusaha tersebut lewat informasi mulut ke mulut.

Dirinya mengaku bahagia bisa mendapatkan bingkisan telur gratis dari pengusaha tersebut secara langsung.

"Alhamdulillah buat lauk makan keluarga. Saya kenal dari orang-orang. Itu yang bagikan Pak Haji Endang Juta (Endang Abdul Malik) nama dikenalnya selama ini," tambah dia.

Ratna menilai sosok pria yang memberikannya telur selama ini suka bantu orang yang kesulitan tanpa pamrih dan selalu muncul tiba-tiba tanpa ingin diberitakan.

"Makanya saya senang ketemu langsung saat ada bagi-bagi telur," tambahnya.

Hal sama diungkapkan Maman (49), pengendara motor lainnya yang mendapatkan telur saat melintas di jalan tersebut.

Ia mengaku bahagia saat masa sulit akibat pandemi ini masih ada yang peduli dan memberikan bantuan kepada sesama.

"Sangat berarti sekali Pak, ini buat makan keluarga. Alhamdulillah, semoga Pak Endang diberikan kesehatan selalu," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/29/145034678/pengusaha-ini-borong-telur-jualan-pedagang-lalu-dibagikan-gratis-ke-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke