Salin Artikel

Tujuh Dusun di Ciamis Dilanda Longsor, 3 Rumah Tertimbun, Jalan Rusak, Warga Pun Mengungsi

Diketahui 3 rumah warga tertimbun material longsoran tanah menyebabkan puluhan warganya mengungsi akibat hujan deras terus menerus mengguyur Ciamis dan sekitarnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Memet mengatakan, 10 titik longsor terjadi di tujuh dusun itu pun mengakibatkan sebuah akses jalan raya terutup.

“10 titik terjadi di 7 dusun di Desa Nasol yang pemukiman warganya berada di lokasi lereng curam, sehingga longsor yang terjadi menimpa 3 rumah warga, dan mengalami kerusakan cukup parah, akibatnya mereka harus mengungsi ke rumah tetangganya,” jelas Memet kepada Kompas.com, Minggu (26/9/2021) pagi.

Memet menambahkan, lokasi longsor di 7 Dusun ini mengancam sedikitnya 22 rumah warga, yang terdiri dari rumah yang terancam 10 rumah warga yang lokasinya berdekatan dengan lokasi longsor, dan yang terdampak 12 rumah warga karena tergenang air meluap dari sebuah selokan akibat saluran airnya tertutup longsor.

"Bukan hanya rumah warga yang terdampak longsor, akses jalan penghubung antar desa juga terputus, akibat tertutup material longsor tebing tanah setinggi 10 meter, sementara dua rumah yang berada diatasnya juga terancam longsor," tambah dia.

Memet menambahkan, proses pengangkatan material longsoran tanah rencananya akan dilakukan pagi hari ini, dengan menggunakan alat berat.


Titik longsor terparah

Soalnya malam hari tadi tak memungkinkan membongkar material longsoran tanah karena cuaca masih hujan dan berbahaya bagi warga lainnya.

"Titik longsor yang paling parah terjadi di Dusun Sigung Satu, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, dimana tebing tembok pondasi sebuah masjid tiba-tiba longsor dan menimpa rumah warga," ujarnya.

Selain itu, sebuah tebing tanah setinggi lima meter juga menimpa rumah warga di Dusun Batu Malang, Desa Nasol, namun beruntung saat longsor terjadi seluruh penghuni sudah berada di luar rumah.

"Tim SAR dari BPBD Kabupaten Ciamis dan Tagana Kabupaten Ciamis, langsung melakukan asesmen dan pertolongan pertama dengan melakukan evakuasi warga mengungsi, akibat rumahnya tertimpa material longsor," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/09/26/084111478/tujuh-dusun-di-ciamis-dilanda-longsor-3-rumah-tertimbun-jalan-rusak-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke