Salin Artikel

Kumpulkan Rp 4,7 Miliar dari 60 Orang, Bandar Arisan Online Fiktif Sempat Kabur ke Cirebon

Uang tersebut digunakan untuk gali lubang memberi keuntungan kepada para peserta arisan.

RAP mengungkapkan bahwa untuk para reseller, dipersilakan untuk mencari keuntungan sendiri.

"Saya serahkan pada reseller untuk mencari anggota sendiri. Soal yang lain-lain tidak bisa saya sampaikan," jelasnya di Pendopo Mapolres Salatiga, Jumat (24/9/2021).

Sementara Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana mengatakan tersangka menggaet anggota menggunakan jaringan pertemanan dan komunitasnya.

"Lewat WA aja, pasang status terus pada tertarik ikut. Dari laporan korban, mereka diiming-imingi dengan menyerahkan uang dalam waktu dua sampai tiga minggu bertambah," jelasnya.

"Dengan iming-iming tersebut, banyak para korban dengan mudah ikut ambil bagian. Padahal faktanya arisan online tersebut tidak ada," tegas Indra.

Indra menegaskan bahwa jajaran Satreskrim Polres Salatiga masih melakukan pendalaman terhadap keterangan yang disampaikan RAP.

"Fakta bisa berkembang, penyidikan masih dilakukan secara intens. Kita berupaya mengungkap apakah kerugian sebanyak yang disampaikan masyarakat, karena ada korban juga yang sudah berkomunikasi, dikembalikan, dan sebagainya," paparnya.

RAP dilaporkan Fina Nur Azizah. Korban lainnya adalah FH dengan kerugian Rp 500 juta, NA kerugian Rp 341,4 juta, ADR kerugian Rp 160 juta, APL Rp 7,2 juta, IA Rp 2,47 miliar, FP Rp 357,7 juta. Selanjutnya AK Rp 316,3 juta, dan MA Rp 171,1 juta.

Indra mengungkapan tersangka sempat melarikan diri ke Cirebon.

Dari tersangka disita uang tunai Rp 71,3 juta, ponsel iPhone, mobil Grand Livina AD 8596 UU, Yamaha N Max, subwoofer, dispenser, kulkas, dan televisi.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/24/155309178/kumpulkan-rp-47-miliar-dari-60-orang-bandar-arisan-online-fiktif-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke