Salin Artikel

Wali Kota Malang Sutiaji Akhirnya Minta Maaf karena Gowes ke Pantai Kondang Merak

Saat itu, Pantai Kondang Merak ditutup akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Malang.

Sutiaji mengakui kesalahannya telah melakukan aktivitas tersebut.

"Atas nama pribadi, atas nama institusi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Bumi Arema yang kita cintai, seluruh Forpimda," kata Sutiaji di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (23/9/2021).

Sutiaji meminta maaf atas kegaduhan yang timbul akibat tindakannya pada akhir pekan lalu itu. 

"Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami manusia biasa. Manusia tidak lepas dari salah dan luput. Tentu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," jelasnya.

Sutiaji berjanji mengikuti penyelidikan yang dilakukan Satgas Covid-19 Kabupaten Malang.

"Kami akan ikut proses-proses hukum. Masalah ketentuan hukum, sanksi, sepenuhnya kami serahkan kepada pihak yang berwajib," katanya.

Wali Kota Malang itu sudah menjalani tes usap sebagai persiapan pemeriksaan di Polres Malang. Begitu juga sejumlah pihak yang ikut dalam kegiatan gowes itu.

"Untuk proses-proses hukum, saya sampaikan, saya akan proaktif, saya akan datang ke sana (Polres Malang)," katanya.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan Wali Kota Malang Sutiaji bersama sejumlah pejabat yang bersepeda viral di media sosial.

Rombongan gowes Wali Kota Malang itu memaksa memasuki kawasan wisata Pantai Kondang Merak di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Minggu (19/9/2021). Padahal, destinasi wisata itu tutup karena penerapan PPKM level 3.

Dalam video yang beredar, rombongan tersebut sempat dihalau seorang polisi yang bertugas. Namun, rombongan itu tetap memasuki area pantai.

Dalam video itu juga terlihat sejumlah kendaraan dinas Pemerintah Kota Malang. Rombongan itu mengakhiri gowes di pantai. Dalam foto yang beredar, terdapat hidangan makanan di pantai.

Satgas Covid-19 Kabupaten Malang sedang menyelidiki pelanggaran protokol kesehatan itu. Sejumlah pihak yang ikut dalam rombongan gowes itu telah diperiksa.

Sebelumnya Sutiaji enggan menanggapi kasusnya itu. Sutiaji meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso untuk menjelaskan perihal kasus itu.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/23/143414178/wali-kota-malang-sutiaji-akhirnya-minta-maaf-karena-gowes-ke-pantai-kondang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke