Salin Artikel

BOR 34 Persen, RS di Yogyakarta Mulai Alihkan Tempat Tidur Covid-19

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bed Occupancy Ratio (BOR) Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta mencapai 34,27 persen.

Kepala Dinas Kesehatan DI Yogyakarta Pembajun Setyaningastutie menyampaikan dengan keadaan BOR semakin menurun, beberapa rumah sakit sudah mengalihkan tempat tidur untuk pasien non Covid-19.

Dikatakan Pembajun, pengalihan tempat tidur Covid-19 harus dengan perjanjian.

“Beberapa sudah ada yang mengalihkan ke reguler tetapi dengan perjanjian begitu kasus naik (Covid) mereka akan siap kembali mendedikasikan untuk Covid. Mudah-mudahan tidak ada kenaikan lagi,” ungkap Pembajun kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Rumah sakit rujukan Covid-19 yang telah mengalihkan tempat tidur Covid-19 ada sekitar 60 persen.

“Bukan menghilangkan tetapi untuk pasien Covid-19 tetap ada tetapi tidak maksimal seperti kaya kemarin,” ungkap dia.

Dengan pengurangan tempat tidur Covid menjadi reguler ini Dinas Kesehatan DIY tetap melakukan rekrutmen relawan tenaga kesehatan untuk beberapa rumah sakit, yang disiagakan. Karena, nakes yang menangani Covid membutuhkan istirahat.

“Kami tetap merekrut relawan untuk nakes, kita siagakan karena kan nakes yang kemarin menangani butuh recovery juga. tetap yang beberapa bangsal untuk pelayanan umum dicover juga tetap kita siapkan,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DI Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji menambahkan, Hotel Mutiara tetap disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 jika nanti terjadi kenaikan kasus.

“Tetap kita siapkan saja kalau memang diperlukan silahkan dipakai. Sekarang sudah siap untuk isoter (Isolasi terpadu). Sampai nanti kalau sudah landai tidak ada covid baru kita manfaatkan sesuai dengan tujuan awal,” imbuh Aji.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/21/183349778/bor-34-persen-rs-di-yogyakarta-mulai-alihkan-tempat-tidur-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke