Salin Artikel

Rampung Lebih Cepat, TNI-Polri Perbaiki Jembatan yang Rusak akibat Ulah KNPB di Maybrat dalam Waktu 4 Hari

SORONG,KOMPAS.com - Personel TNI-Polri telah menyelesaikan pembangunan dua jembatan yang dirusak Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Kampung Fakario, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, pada Jumat (17/9/2021).

Perbaikan jembatan itu sebelumnya ditargetkan rampung dalam waktu dua minggu. Namun, ternyata pengerjaan selesai dalam waktu empat hari. 

Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Letnan Kolonel Arm Hendra Pasireron mengatakan, kondisi jembatan penghubung di Kampung Fakario tersebut sebelumnya terputus karena dirusak dan dihancurkan KNPB sehingga akses jalan tidak dapat dilalui orang ataupun kendaraan.

Saat ini, perbaikan dua jembatan berhasil dibangun, yakni jembatan satu bentang dengan panjang 6 meter dan jembatan dua bentang dengan panjang 10 meter.

"Pekerjaan jembatan tersebut dikerjakan siang malam oleh personel TNI-Polri sejak awal mulai 14 September 2021. Dari target dua minggu yang diharapkan Bupati Maybrat, pembangunan jembatan tersebut berhasil dibangun dalam waktu empat hari," ujar Hendra melalui rilisnya, Selasa (21/9/2021).

Hendra menuturkan, untuk menjamin kekuatan dan keselamatan jembatan tersebut, dilakukan uji coba dengan truk muatan 8 ton melewati jembatan dan hasilnya aman serta tidak ada goyangan.

Satuan yang terlibat pembangunan jembatan dari TNI yaitu Yonif RK 762, Yon Zipur 20, dan Kodim 1809/Maybrat, sedangkan Polri berasal dari satuan Brimob Polda Papua Barat.

Sebelumnya diberitakan, kontak tembak antara KKB dan aparat gabungan TNI-Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri terjadi di Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, pada 7 September 2021.

Saat itu aparat gabungan hendak meninjau Pos Koramil usai diserang KKB. Dalam perjalanan ke sana, rombongan mendapati jembatan yang sengaja dirusak.

Rombongan Danrem melihat sekelompok orang menenteng senjata api yang diduga kelompok KNPB.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/21/081042878/rampung-lebih-cepat-tni-polri-perbaiki-jembatan-yang-rusak-akibat-ulah-knpb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke