Salin Artikel

Soal Rombongan Wali Kota Malang Gowes ke Pantai Kondang Merak, Ini Penjelasan Sekda

Awalnya, Sutiaji yang dimintai penjelasan oleh wartawan memilih bungkam. Sutiaji meminta Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso memberi penjelasan.

Erik yang ikut dalam rombongan gowes itu mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda bersepeda rutin Wali Kota Malang bersama sejumlah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD).

"Bahwa agenda gowes tersebut merupakan agenda gowes Pak Wali bersama komunitas-komunitas yang memang terbiasa gowes bersama. Kemudian terkait dengan ini, ada beberapa OPD perangkat daerah yang memang sudah lama punya komunitas gowes," kata Erik di Balai Kota Malang, Senin (20/9/2021).

Sekda Kota Malang itu menegaskan, kegiatan rutin tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Meski pantai tersebut masih ditutup karena Kabupaten Malang menerapkan PPKM level 3, rombongan Wali Kota Malang mengakhiri kegiatan gowes di lokasi itu.

Karena lokasi yang cukup jauh, rombongan tak kembali ke Kota Malang dengan sepeda. Mereka menaikkan sepeda ke mobil dinas yang ikut dalam kegiatan tersebut.

"Mobil-mobil ini yang kemudian menjadi sarana untuk loading karena dengan rute yang jauh tidak mungkin dilakukan secara PP (pulang pergi)," kata Erik.

Sekitar satu jam di Pantai Kondang Merak

Erik menjelaskan, rombongan berada di pantai selatan Kabupaten Malang itu sekitar satu jam. Di sana, rombongan menaikkan sepeda ke mobil dan mengisi bekal yang dibutuhkan.

"Paling lama 60 menit di sana," kata dia.

Sebelumnya, video kegiatan gowes Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajarannya viral di media sosial.

Sebab, rombongan gowes itu memasuki kawasan wisata Pantai Kondang Merak di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, yang masih tutup karena PPKM level 3.

Selain Sutiaji, sejumlah pejabat di Pemerintah Kota Malang ikut dalam gowes tersebut.

Dalam video yang beredar, rombongan tersebut sempat dihalau oleh seorang anggota polisi yang bertugas. Namun, rombongan itu tetap memasuki area pantai.

Dalam video itu juga terlihat sejumlah kendaraan dinas Pemerintah Kota Malang. Satgas Covid-19 Kabupaten Malang tengah menyelidiki kasus tersebut.

(KOMPAS.com/Kontributor Malang, Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/205846678/soal-rombongan-wali-kota-malang-gowes-ke-pantai-kondang-merak-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke