Salin Artikel

Buntut Kecelakaan Bus Karyawan RSUD Semarang, Pengawasan Obyek Wisata di Gunungkidul Ditingkatkan

Hal ini buntut dari kecelakaan karyawan RSUD Kota Semarang setelah berkunjung ke Goa Tanding, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo.

Kepala Bidang Penegakkan Perda Satuan Polisi Pamong Praja Gunungkidul, Sugito menyampaikan, selama PPKM kawasan destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul masih belum boleh menerima kunjungan.

Pihaknya terus berpatroli untuk mengantisipasi pengunjung yang nekat.

Selama ini fokus utama masih kawasan pantai karena banyak dikunjungi wisatawan, selain itu juga minimnya personel belum semua destinasi wisata.

Pihaknya akan meningkatkan pengawasan selain kawasan pantai, termasuk kawasan wisata gua.

"Mungkin sekali (meningkatkan pengawasan destinasi non pantai), apalagi ini ada kejadian (kecelakaan bus)," kata Sugito saat dihubungi Senin (20/9/2021).

Dijelaskannya, untuk mekanisme apakah kawasan wisata diperbolehkan buka atau tidak itu wewenang Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Pihaknya memantau di kawasan wisata terkait apakah menjalankan peraturan atau tidak.

"Buka atau tidak itu dari dinas pariwisata, kalau ada pelanggaran baru kami," kata Sugito.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyesalkan wisatawan yang nekat ke kawasan wisata yang masih ditutup.


Hal ini menyusul kecelakaan yang melibatkan wisatawan seusai berkunjung ke kawasan Gua Tanding, Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo.

"Sudah kita imbau, pelaku wisata jika destinasi belum boleh dibuka, cukup disayangkan aktivitas di masa pandemi masih dilakukan oleh teman-teman operator," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono saat dihubungi melalui sambungan telepon Minggu (19/9/2021).

Dijelaskan, wisata masih tetap ditutup di perpanjangan PPKM yang kesembilan kalinya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul masih menunggu informasi resmi dari Kemenparekraf terkait Uji Coba Wisata di wilayah PPKM Level 3.

Adapun saat ini Gunungkidul berada di level tersebut.

Gua Tanding diluar kawasan Goa Pindul yang selama ini masih ditutup. Untuk kawasan goa pindul hingga saat ini masih mematuhi ketentuan dari pusat, karena pintu masuknya belum dibuka.

"(Gua Tanding) di luar ketentuan SK Bupati," kata Harry.

Harry sudah mengimbau, agar semua pihak mematuhi ketentuan dari pemerintah.

Sebab, jika dipaksakan dan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan akan merugikan semua pihak.

Harry memahami lamanya penutupan membuat pelaku wisata dan wisatawan ingin segera kawasan wisata dibuka.

Namun pihaknya berharap semua pihak memaklumi dan menunggu keputusan pemerintah pusat. 

"Kejadian seperti itu (kecelakaan), kan pembelajaran semua pihak, karena masih ditutup. Kalau terjadi apa-apa (di kawasan yang masih ditutup), klaim asuransi tidak bisa diberikan," kata Harry.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/104612578/buntut-kecelakaan-bus-karyawan-rsud-semarang-pengawasan-obyek-wisata-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke