Salin Artikel

Kasus Penemuan Mayat Terikat Tali dan Pemberat Besi, Polisi: Kesimpulannya Meninggal Bunuh Diri

Tim forensik dan RSUD Blambangan telah melakukan autopsi terhadap jenazah tersebut. Hasilnya, tidak ditemukan tanda kekerasan di tubuh korban.

"Kesimpulannya korban meninggal bunuh diri. Ini juga sesuai dengan keterangan teman korban, bahwa korban mengalami depresi," kata Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu, Kamis (16/9/2021).

Kepala Instalasi Kamar Jenazah RSUD Blambangan, dr Solakhudin mengatakan, di tubuh jenazah tidak ada tanda penganiayaan.

Petugas menemukan bekas darah yang keluar dari hidung dan mulut korban karena kesulitan bernapas saat tenggelam di dasar sungai.

"Juga kita temukan jejas atau bekas ikatan tali pada pergelangan kaki kanan bawah. Diamenternya 23 centimeter dan lebar 4 centimeter. Jadi tidak ada tanda-tanda kekerasan," kata dia.

Hasil pemeriksaan organ dalam ditemukan cairan bening pada saluran pernapasan korban. 

"Juga ada perdarahan di paru-paru serta pembesaran jantung pada ventrikel sebelah kiri. Artinya, jenazah masuk ke dalam air dalam posisi masih bernapas," ungkapnya.

Hasil otopsi disimpulkan korban tewas akibat gangguan jantung karena adanya cairan air tawar yang masuk.


Sebelumnya, seorang pria asal Kediri bernama Purwanto (54) ditemukan tewas di dasar sungai Dam, Dusun Tempurejo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Selasa (14/9/2021).

Saat ditemukan, kaki kanan korban terikat tali dengan beban besi.

Pada Selasa (14/9/2021) pukul 12.00 WIB, rekan Purwanto masih melihatnya membersihkan besi di depan Perum Pengairan Dam 1.

Selanjutnya rekan korban beristirahat di dalam dan korban berada di luar seorang diri. Namun sekitar jam 15.00 WIB, pelapor tak melihat korban ketika mencarinya di luar.

Ia lantas menanyakan kepada orang-orang sekitar, namun tak membuahkan hasil. Sampai jam 18.00 WIB korban belum ditemukan.

Selanjutnya, para teman korban yang mencurigai korban tenggelam, melakukan pengeringan air di dam.

Setelah upaya pencarian tersebut dilakukan, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di dasar sungai.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/173907478/kasus-penemuan-mayat-terikat-tali-dan-pemberat-besi-polisi-kesimpulannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke