Salin Artikel

Jelang PTM SD, 1.000 Siswa di Madiun Divaksin dan Rapid Antigen

Ribuan anak-anak berumur 12 tahun itu divaksin sebagai syarat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi sekolah dasar yang digelar mulai Senin (20/9/2021).

“Jadi hari ini ada vaksinasi anak SD yang umurnya sudah 12 tahun. Seluruh anak kelas enam yang rata-rata berumur 12 tahun kita vaksin semuanya,” ujar Wali Kota Madiun, Maidi kepada Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Maidi menyatakan, vaksinasi Covid-19 bagi seribuan anak SD tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan saat mengikuti PTM terbatas di sekolah.

Apalagi sebelumnya seluruh guru sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dari Pemkot Madiun.

Tak hanya vaksin, Maidi menuturkan, seluruh siswa SD yang akan mengikuti PTM diwajibkan menjalankan tes rapid antigen.

Tujuannya, agar siswa yang mengikuti PTM dipastikan tidak terpapar Covid-19.

“Seluruh siswa SD yang akan mengikuti PTM kami rapid antigen semuanya. Bila ditemukan ada yang sakit (reaktif antigen) maka segera dirawat agar cepat sembuh,” kata Maidi.

Bagi Maidi, kondisi siswa, guru dan tenaga kependidikan yang sudah tervaksin covid-19 akan menjadikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka lebih tenang dan nyaman.

Tak hanya itu, orangtua siswa pun tidak khawatir menyekolahkan anak-anak di masa pandemi.

Ia menambahkan untuk sementara anak SD yang divaksin covid-19 minimal berumur 12 tahun. Hal itu sesuai dengan petunjuk dan edara dari Kemenkes RI.

Berdayakan UKS

Untuk mengantisipasi siswa yang sakit saat mengikuti PTM, Maidi meminta setiap sekolah mengaktifkan kembali keberadaan unit kesehatan sekolah (UKS).

Keberadaan UKS penting agar saat ditemukan anak sakit saat mengikuti PTM segera tertangani.

Bahkan Maidi meminta bila ditemukan anak yang sakit ketika mengikuti PTM segera dilakukan rapid antigen untuk memastikan terpapar Covid-19 atau tidak.

“Seluruh UKS harus memiliki alat rapid antigen sendiri. Sehingga saat ada anak sakit dapat dilakukan pengecekan langsung terpapar tidaknya anak tersebut (dari covid-19),” ungkap Maidi.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/154306378/jelang-ptm-sd-1000-siswa-di-madiun-divaksin-dan-rapid-antigen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke