Salin Artikel

Peta Sebaran 50 Kecamatan Rawan Banjir dan Longsor di Lebak dan Pandeglang Banten

Sejumlah kecamatan di dua wilayah itu yang berpotensi terjadi banjir dan longsor saat musim cuaca hujan ekstirm.

Di Kabupaten Lebak ada 16 kecamatan dengan potensi banjir dan 14 kecamatan termasuk daerah rawan longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama, merinci wilayah kecamatan yang berpotensi banjir yakni Rangkasbitung, Kalanganyar, Cipanas, Curugbitung, Muncang, Sobang, Lebak Gedong, Cibeber, Cilograng, Bayah, Cihara, Cigemblong, Bojongmanik, Banjarsari, Leuwidamar, dan Cimarga.

Sementara untuk kecamatan yang rawan longsor antara lain, Kecamatan Bayah, Sobang, Lebakgedong, Cigemblong, Bojongmanik, Cibeber, Muncang, Gunungkencana, Cipanas, Cileles, Cimarga, Cikulur, Leuwidamar dan Cilograng.

Febby mengatakan, warga yang berada di wilayah tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan dalam tiga hari ke depan. Berdasarkan ramalan Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BPBD) kata Febby, cuaca ekstrim akan terjadi di wilayah Kabupaten Lebak selama tiga hari mendatang.

"Masyarakat terutama di wilayah perkotaan di Lebak diharap waspada, siapakan tas khusus berisi dokumen-dokumem penting hingga pakaian, jadi ketika ada bencana siap mengungsi ke tempat aman," kata Febby kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (16/9/2021).

20 kecamatan rawan banjir dan longsor di Pandeglang

Serupa dengan Lebak, potensi bencana di Kabupaten Pandeglang juga meliputi meliputi banjir dan longsor. Minggu ini, terjadi banjir bandang di Kecamatan Cimanuk dan longsor di Gunung Karang, Kecamatan Majasari.

Kepala BPBD Pandeglang, Rahmat Zultika mengatakan, kawasan rawan banjir di Pandeglang terdiri dari wilayah yang berada di sepanjang sungai besar yang kerap meluap saat hujan intensitas tinggi.

Setidaknya ada tiga sungai, yakni Ciliman, Cibaliung dan Cibungur.


Untuk kecamatan yang rawan banjir di Pandeglang ada delapan kecamatan yakni Munjul, Pagelaran, Sukaresmi, Panimbang, Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu dan Angsana.

"Masyarakat yang berada di bantaran sungai dimohon untuk meningkatkan kewaspadaan saat meningkat curah hujan. Juga harus waspadai hujan angin, antisipasi dengan pengecekan pohon rapuh dan sambungan kabel khawatir terjadi konslet dan timbul kebakaran," kata Rahmat.

Adapun untuk potensi longsor berada di kecamatan di sekitar Gunung Karang dan Gunung Pulosari, serta perbukitan di wilayah Pandeglang Tengah-Selatan. Ada 12 Kecamatan yang rawan.

12 kecamatan itu antara lain, Pandeglang, Cadasari, Mandalawangi, Jiput, Pulosari, Cigeulis, Cibaliung, Sumur, Karangtanjung, Majasari, Pagelaran dan Angsana.

"Namun longsor jarang ya, kemarin di Gunung Karang saja jauh dari pemukiman penduduk, tapi tetap diimbau untuk waspada," kata Rahmat.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/083551778/peta-sebaran-50-kecamatan-rawan-banjir-dan-longsor-di-lebak-dan-pandeglang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke