Salin Artikel

Kota Madiun Masih PPKM Level 3, Wali Kota Maidi: Ada 8 RS Rujukan di Sini, Pasiennya dari Mana-mana

Maidi mengatakan, terdapat delapan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Madiun.

“Kota Madiun masih level tiga itu karena di kota ini ada delapan rumah sakit rujukan Covid-19. Rumah sakit ini menerima rujukan pasien dari mana-mana,” kata Maidi kepada Kompas.com, Selasa (14/9/2021).

Menurut Maidi, Kota Madiun bisa menerapkan level PPKM yang lebih rendah jika yang dihitung hanya pasien Covid-19 di RS milik Pemkot Madiun.

Sampai saat ini, jumlah pasien yang dihitung Kementerian Kesehatan untuk kepentingan asesmen berasal dari delapan rumah sakit rujukan tersebut.

“Kalau yang dirawat itu lebih 20 sampai 50 itu level dua. Sementara di rumah sakit rujukan itu lebih dari itu. Dan kalau kita hanya mengacu pada rumah sakit milik Pemkot Madiun maka kurang dari itu,” ujar Maidi.

Menurut Maidi, beberapa daerah sudah masuk level dua lantaran jumlah pasien Covid-19 yang dirawat sedikit. Sementara jumlah penduduknya banyak.

Sedangkan di Kota Madiun, ada banyak pasien Covid-19 yang berasal dari luar daerah dirawat di delapan rumah sakit rujukan di wilayah itu. Jika dibagi jumlah penduduk sekitar 200.000 orang, Kota Madiun berada di level tiga.

“Daerah lain jumlah pasien yang dirawat sedikit dan jumlah penduduknya banyak maka masuk ke level yang lebih rendah,” ungkap Maidi.

Maidi menuturkan dari delapan rumah sakit rujukan yang merawat pasien Covid-19 didominasi dari warga luar Kota Madiun. Sementara jumlah warga Kota Madiun yang dirawat terus menurun.


Tak hanya itu, jumlah kematian warga akibat Covid-19 pun sudah jarang terjadi di Kota Madiun. Selain itu penambahan kasus positif sudah kecil.

“Vaksinasi kami juga sudah di atas 70 persen untuk dosis pertama,” jelas Maidi.

Data dari Dinas Kominfo Kota Madiun, jumlah penambahan kasus positif di Kota Madiun sebanyak 17 orang.

Sementara jumlah pasien yang dirawat sebanyak 59 orang dan 64 menjalani di isolasi terpadu. Untuk kasus kematian tidak ada penambahan.

Ia meyakini level di Kota Madiun akan turun jika jumlah kasus di kabupaten tetangga menurun. Apalagi keberadaan Kota Madiun sebagai kota penyangga dari empat kabupaten terdekat yakni Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan dan Ponorogo.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/130918778/kota-madiun-masih-ppkm-level-3-wali-kota-maidi-ada-8-rs-rujukan-di-sini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke