Salin Artikel

KPK Kunjungi Blora, Minta Ada Perbaikan di 8 Area

Kepala Satuan Tugas bidang Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK, Uding Juharudin mengatakan kehadiran tim dari KPK RI tersebut dalam rangka perbaikan tata kelola melalui program koordinasi dan supervisi, Monitoring Center for Prevention (MCP).

“Kehadiran kami sebagai mitra bapak ibu sekalian perbaikan tata kelola melalui program korsup ini, MCP, Pusat Monitoring Pencegahan Korupsi yang di dalamnya ada delapan area yang kita dorong untuk dilakukan perbaikan," ucap Uding di Kantor Bupati Blora, Selasa (14/9/2021).

Delapan area yang dimaksud meliputi perencanaan dan penganggaran APBD, Pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, meningkatkan kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.

Sebelum menyelenggarakan rapat tersebut, pihaknya sempat meninjau secara langsung aset Pemkab Blora yang ada di sejumlah lokasi secara sampling di Kecamatan Jepon dan Kecamatan Cepu.

Menurutnya, tinjauan ke sejumlah lokasi tersebut bukan untuk mencari-cari kesalahan pemerintah daerah, tetapi mencari solusi agar tata kelolanya menjadi lebih baik.

"Kalau kita sudah diajak baik-baik, kita sarankan segala macam ternyata masih ada main juga, ya apa boleh buat," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada pemerintah daerah terkait tata kelola manajemen ASN.


Dia berharap, manajemen tersebut harus sesuai dengan prinsip yang ada merit sistemnya.

"Bagaimana menempatkan orang tersebut menduduki jabatan-jabatan birokrasi sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, kinerjanya, tidak diskriminatif, jadi harus benar-benar fair dan adil," terangnya.

Namun yang jelas, kedatangannya ke Blora untuk melakukan pendampingan dan bersama-sama memperbaiki tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, bersih dan bebas dari korupsi.

"Kami selalu monitor dan melakukan pencegahan, tapi tidak menutup kemungkinan apabila kelakuannya sudah keterlaluan, maka kami akan berkoordinasi dengan penindakan," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/095734078/kpk-kunjungi-blora-minta-ada-perbaikan-di-8-area

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke