Salin Artikel

Vaksinasi Door to Door di Sumbar, Warga Sedang Kerja di Ladang Antusias Divaksin

Aksi mendatangi warga ke ladang di Dharmasraya, Sumbar, Senin (13/9/2021) karena petugas tidak menemukan warga di rumah karena sedang bekerja di ladang.

"Awalnya kita lakukan vaksinasi door to door ke rumah warga. Tapi karena warga bekerja di ladang dari pagi hingga sore, akhirnya kita putuskan ke ladang," kata Kepala BIN Sumbar Suwondo RB dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (13/9/2021).

Suwondo mengatakan ketika tiba di ladang, petugas melakukan sosialisasi dan ternyata masyarakat menyambut antusias.

"Ternyata disambut antusias. Selama ini mungkin karena warga pergi bekerja di ladang dari pagi hingga sore sehingga kurang mendapatkan sosialisasi," kata Suwondo.

Suwondo mengatakan saat mendatangi warga di ladang, ada puluhan warga yang ikut vaksin.

Suwondo menyebutkan vaksinasi di Dharmasraya diikuti 3.027 peserta, terdiri dari 2.527 pelajar dan 500 masyarakat umum.

Untuk pelajar dipusatkan di SMU Negeri 2 Pulau Punjung, dimana pelajar dari 28 sekolah yakni SMP, SMU, MTS dan Madrasah Aliyah datang secara bergantian.


Sumbar salah satu episentrum Covid-19

Suwondo mengatakan, kegiatan vaksinasi itu berlangsung secara serentak di sepuluh provinsi episentrum Covid-19 di antaranya Sumbar, Sumut, Riau, Sulsel dan lainnya.

"Bapak Presiden meninjau secara virtual pelaksanaan vaksinasi pelajar, untuk di Dharmasraya dipusatkan di SMU Negeri 2 Pulau Punjung. Selain pelajar, juga dilakukan untuk masyarakat yang dipusatkan di Kantor Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung," jelas Suwondo.

Sebelumya diberitakan, realisasi vaksinasi di Sumatera Barat mendapat sorotan karena masuk dalam sembilan daerah yang di bawah rata-rata nasional.

Berdasarkan data terkini vaksinasi Covid-19 Sumbar dari Satgas per tanggal 7 September 2021, total vaksinasi dosis pertama di Sumbar mencapai 17,56 persen. Atau baru 777.780 dari total sasaran vaksinasi 4.408.509 sasaran.

Sedangkan untuk vaksinasi kedua, baru mencapai 9,80 persen.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/14/085307878/vaksinasi-door-to-door-di-sumbar-warga-sedang-kerja-di-ladang-antusias

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke