Salin Artikel

"Herd Imunity" Kota Bandung Akan Tercapai Akhir 2021

"Bandung punya vaksinator yang banyak, Insya Allah kami punya keyakinan akhir tahun target tercapai. Insya Allah dengan begitu vaksinasi di Bandung selesai dengan proses yang cepat," kata Yana dalam keterangannya.

Dikatakan, jumlah penduduk kota Bandung ini mencapai 2,5 juta, untuk mencapai herd immunity Pemkot Bandung harus memberikan vaksinasi minimal sekitar 1,3 juta kepada warganya.

"Vaksin bukan kepentingan kita sendiri, tapi kepentingan banyak orang. Ikhtiar ini adalah upaya kita semua, semoga menjadi amal dalam menyelesaikan pandemi Covid-19," tuturnya.

Banyaknya sentra vaksinasi jadi kunci akhiri pandemi

Dengan adanya sentra vaksinasi di Salman ITB, Yana mengaku sangat mengapresiasi aksi tersebut. Ia berharap dengan banyaknya sentra vaksinasi di Kota Bandung dapat mengakhiri pandemi ini.

Hingga saat ini, jumlah masyarakat yang telah divaksinasi sampai dosis kedua masih jauh dari target yang diarahkan pada pembentukan herd immunity.

Menyadari pentingnya vaksinasi dan besarnya keinginan untuk memulihkan kondisi negeri, Salman ITB mengambil bagian. Pada 13 September 2021, Salman ITB menggelar kembali vaksinasi gratis ke sekian kalinya.

Gelaran aktivitas sosial kemanusiaan ini juga menandai Salman ITB sebagai Sentra Vaksinasi. Sebelumnya pada sekitar bulan Juni hingga Agustus, Salman ITB berkolaborasi bersama banyak pihak melaksanakan tes SWAB dan vaksinasi gratis.


Pihak-pihak tersebut meliputi Wakaf Salman ITB, Rumah Amal Salman, Dinas Kesehatan Kota Bandung, PT Bio Farma (Persero), PERSIB, HIPMI Jawa Barat, IA ITB, D/Joom, Jabar Quick Response, Telkom Indonesia, AntriQue dan Dewan Masjid Indonesia.

Adapun tenaga kesehatan yang bertugas dibantu oleh Fakultas Kedokteran UNPAD, Poltekkes, dan UPTD Puskesmas Dago. Sekitar dua ribu orang telah menerima vaksinasi di Salman ITB.

Kegiatan vaksinasi massal Masjid Salman ITB ini diperuntukkan untuk masyarakat umum, mulai dari usia produktif hingga lansia. Secara khusus, vaksinasi ini juga ditujukan untuk para petugas rumah ibadah dan mereka yang bertugas di ruang publik, yang rentan menjadi titik penyebaran virus.

Total kuota peserta vaksinasi kali ini mencapai tiga ribu orang sehingga jika dijumlahkan ada 5.000 orang yang menerima manfaat dari kehadiran sentra vaksinasi Salman ITB.

“Semua usaha, semua doa, insyaAllah Salman ITB sebagai Sentra Vaksinasi bersama-sama membantu pemerintah mewujudkan vaksinasi yang sedapat mungkin menjangkau semua kalangan," kata Ketua Umum YPM Salman ITB, Suwarno.

Dengan demikian, Suwarno berharap dengan terbentuknya kekebalan kelompok nanti, maka ekonomi dapat berjalan dengan baik kembali. Vaksin ini juga nantinya akan menjangkau pedagang kaki lima di sekitar Salman ITB.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/14/071010378/herd-imunity-kota-bandung-akan-tercapai-akhir-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke