Salin Artikel

Berawal 1 Siswa Demam Saat PTM, Terbongkar 54 Siswa Positif Covid-19

KOMPAS.com - Sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Padang Panjang, Sumatera Barat, sudah mengelar pembelajaran tatap muka (PTM) yang dimulai sejak Kamis (12/8/2021) lalu.

Namun kemudian, satu orang siswa mengalami demam, dan saat dilakukan tes swab, ternyata siswa tersebut positif Covid-19.

Setelah itu dilakukan tracing terhadap 369 orang yang kontak erat dengan siswa tersebut. Mereka terdiri dari 131 siswa, 231 siswi, dan ditambah 7 orang petugas asrama dan petugas kantin.

Saat dilakukan tes swab, terbongkar 54 murid lainnya juga positif Covid-19.

"Dari hasil tes yang dikeluarkan Sabtu kemarin ternyata ada 54 siswa yang positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang Nuryanuar yang dihubungi Kompas.com, Minggu (12/9/2021).

Kata Nuryanuar, 54 siswa yang positif Covid-19 ini orang tanpa gejala (OTG), dan mengalami gejala ringan.

Saat ini, 54 siswa yang terkonfirmasi Covid-19 itu menjalani isolasi mandiri di asrama sekolah.

"Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di asrama di bawah pengawasan Dinkes Padang Panjang," ujar Nuryanuar yang juga Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Padang Panjang.


Setelah adanya kejadian tersebut, kata Nuryanuar, sebagai langkah antisipasi, PTM di sekolah itu dikembalikan ke daring atau online.

Nuryanuar mengatakan pemberlakuan pembelajaran daring hanya di SMA 1 Padang Panjang saja, untuk sekolah lain masih seperti biasa yaitu PTM.

"Terhitung Senin (hari ini), PTM di SMA 1 Padang Panjang diganti dengan daring sampai tidak ada kasus lagi di sana," ungkapnya.

Nuryanuar pun meminta kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

"Siapa yang menyebarkan kita tidak tahu karena virusnya tidak kelihatan. Makanya, perlu prokes yang ketat agar bisa terhindar," ungkapnya.

 

(Penulis Kontributor Padang, Perdana Putra | Editor Aprillia Ika, Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/09/13/093037178/berawal-1-siswa-demam-saat-ptm-terbongkar-54-siswa-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke