Salin Artikel

Lapas Sumedang Kekurangan APAR, Karung Pasir hingga Lap Basah Disiapkan untuk Cegah Kebakaran

SUMEDANG, KOMPAS.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Sumedang, Jawa Barat kekurangan alat pemadam api ringan (APAR).

Selain itu, instalasi kelistrikan di Lapas Sumedang juga sudah puluhan tahun belum diganti.

Kepala Lapas Kelas II B Sumedang Imam Sapto mengatakan, saat ini ketersediaan APAR di Lapas hanya ada tiga unit dengan kondisi baru.

"Untuk ketersediaan APAR di lapas hanya tersedia tiga unit. Tapi kondisi baru semua. Idealnya memang harus ada di tiap blok. Jadi kita masih kekurangan untuk APAR ini," ujar Imam kepada Kompas.com di Lapas Sumedang, Rabu (8/9/2021).

Imam menuturkan, karena ketersediaannya masih terbatas, tiga APAR tersebut ditempatkan di depan pintu pos penjagaan, di pos pengawasan dan di dapur.

"Untuk di tiga blok memang belum tersedia. Sebelumnya kami telah mengajukan ke pusat untuk pengadaan tambahan APAR ini. Sebagai langkah antisipasi terjadi kebakaran, kami telah menyiapkan 10 karung pasir dan juga lap basah di dalam Lapas," tutur Imam.

Imam menyebutkan, terkait instalasi kelistrikan di dalam Lapas, memang sudah puluhan tahun belum diganti.

"Kami juga sudah ajukan untuk penggantian instalasi kelistrikan ini. Dan Alhamdulillah, informasi dari pusat akan diganti pada tahun ini," sebut Imam.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Sumedang Kompol Djoko Susilo mengatakan, pasca-kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang, Banten, pihaknya mendatangi Lapas Sumedang untuk melakukan pengecekan secara langsung.

"Saya diperintah Pak Kapolres untuk mengecek kondisi Lapas. Mulai dari instalasi kelistrikan, ketersediaan APAR dan juga mengecek potensi-potensi yang dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Untuk instalasi kelistrikan tadi sudah langsung dicek oleh PLN," ujar Djoko.

Djoko berharap, kejadian kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang tidak terjadi di Lapas Sumedang.

"Pengecekan ini juga sebagai bagian dari antisipasi dan langkah pencegahan. Semoga kejadian kebakaran di Tangerang tidak terjadi di Lapas Sumedang," kata Djoko.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/08/232027378/lapas-sumedang-kekurangan-apar-karung-pasir-hingga-lap-basah-disiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke