Salin Artikel

Ponorogo Masih PPKM Level 4, Bupati: Kematian Tinggi, Rata-rata 6 Setiap Hari

Bersama Kabupaten Magetan, Bumi Reog harus menerapkan PPKM level empat hingga 13 September 2021.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengatakan, masih tingginya angka kematian warga akibat Covid-19 menjadi penyebab utama daerahnya masih harus menerapkan PPKM level empat.

Padahal, dari aspek keterisian BOR dan penambahan kasus positif sudah melandai banyak.

“Kematian (warga akibat Covid-19) masih tinggi, rata-rata masih lima dan enam setiap harinya. Sedangkan paramater level tiga itu harus di bawah lima (angka kematiannya),” ujar Kang Giri sapaan akrab Sugiri Sancoko, saat dikonfirmasi, Rabu (8/9/2021).

Untuk menekan jumlah kasus kematian warga akibat Covid-19, Kang Giri sudah mengumpulkan seluruh direktur rumah sakit negeri dan rumah sakit yang merawat pasien corona.

Para pimpinan rumah sakit diminta membantu Pemkab Ponorogo bagaimana cara menekan angka kematian warga akibat Covid-19.

“Saya sudah kumpulkan dirut rsu negeri dan swasta agar membantu mengurangi angka kematian. Mati memang takdir Tuhan. Tetapi penyebab kematian bisa dikurangi,” ujar Kang Giri.

Harapannya, dalam pekan ini angka kematian terus menurun sehingga Ponorogo turun ke level tiga.


Apalagi, Presiden Jokowi saat berkunjung ke Ponorogo meminta Pemkab Ponorogo untuk bekerja keras menurunkan kasus kematian warga akibat Covid-19.

“Mudah-mudahan dalam minggu ini seperti amanat Pak Presiden kami bisa turunkan ke level tiga atau mudah-mudahan bisa level dua. Kami akan bekerja keras bersama seluruh pihak terakait agar semua bisa selesai sehingga kami bisa ke level tiga,” ujar Sugiri.

Data yang dilansir Dinas Kominfo Jawa Timur menyebutkan Kabupaten Ponorogo menduduki urutan kedua paling banyak jumlah kasus aktif Covid-19 setelah Kabupaten Nganjuk.

Hingga kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ponorogo mencapai 11.924.

Dari jumlah itu, 461 kasus aktif, 1.0176 sembuh dan 1.287 orang meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/08/202704978/ponorogo-masih-ppkm-level-4-bupati-kematian-tinggi-rata-rata-6-setiap-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke