Salin Artikel

Wali Kota Salatiga Yakin Daerahnya "OTW" Herd Immunity, Ini Sebabnya

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan angka kesembuhan mencapai 95,63 persen sehingga berada di atas angka rata-rata nasional sebanyak 92,43 persen.

Sementara untuk angka kematian pasien, tercatat 2,84 persen sementara rata-rata nasional 3,27 persen.

"Angka kesembuhan tertinggi dikarenakan capaian sasaran vaksinasi bagi lansia tinggi, sehingga angka kematiannya kecil," terangnya, Rabu (8/9/2021).

Yuliyanto menegaskan bahwa capaian ini merupakan kerja keras seluruh pihak.

"Kita lintas instansi selalu mencari solusi atas permasalahan ini, tapi muaranya adalah perlindungan kesehatan untuk warga. Capaian ini merupakan kerja bareng antara TNI, Polri dan seluruh Satgas Covid-19, termasuk tenaga kesehatan," paparnya.

Mengenai capaian vaksinasi, Yuliyanto mengatakan sudah lebih dari 100 persen tetapi hampir separuh warga bukan NIK Salatiga.

"Mereka berkegiatan di Salatiga, jadi diajukan oleh komunitas. Untuk masyarakat, saya minta juga lebih aktif mencari informasi penyelengaraan vaksin agar segera mencapai herd immunity, ini OTW ke situ," terangnya.

Sementara Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana mengatakan ratusan santri antusias mengikuti program Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah.


"Ini dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Jateng dengan harapan dapat mempercepat terwujudnya herd immunity atau kekebalan komunal, sebagai pemicu terbentuknya sistem imunitas tubuh untuk melawan virus corona," terangnya.

Vaksinasi menyasar 1.000 peserta dari Ponpes Al Falah, Ponpes Astain, Ponpes Nurul Madani, Ponpes Manabiul Quran, Ponpes Salafiyah, Ponpes Al Islah, Ponpes Yasinta, Ponpes Al Ihsanul Amin, Ponpes Ittihadul Asna, Ponpes Darul Falah, Ponpes Al Ihsanul Amin, Ponpes Al Qurani Al Ahkami.

Siti Nurjanah salah seorang santri mengaku sudah menunggu-nunggu adanya vaksinasi ini.

"Agar merasa lebih nyaman dan aman serta lebih percaya diri dalam keseharian di pondok pesantren, namun dengan tetap menerapkan prokes," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/08/162820778/wali-kota-salatiga-yakin-daerahnya-otw-herd-immunity-ini-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke