Salin Artikel

"Kami Tidak Hanya Mendukung Aksi Beliau, Kami Anggap Beliau Pahlawan bagi Peternak Ayam"

Warga yang belum diketahui identitasnya itu membentangkan poster bertuliskan, "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar".

Usai membentangkan poster, peternak itu dibawa polisi menggunakan kendaraan dinas Polres Blitar Kota.

Ketua Koperasi Peternak Ayam Petelur (Putera) Blitar Sukarman mengatakan, peternak ayam, khususnya peternak ayam petelur, bersyukur ada warga yang berani menyuarakan masalah yang mereka hadapi.

"Kami tidak hanya mendukung aksi Beliau tapi kami anggap Beliau sebagai pahlawan bagi kaum peternak ayam," ujar Sukarman saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (8/9/2021).

Menurut Sukarman, sudah semestinya peternak Blitar menyampaikan kesulitan mereka saat Presiden Jokowi berkunjung.

Alasannya, Kabupaten dan Kota Blitar adalah penghasil telur terbesar yang memasok sekitar 30 persen kebutuhan telur nasional.

Kata Sukarman, sebenarnya para peternak di Blitar secara individual sudah ingin melakukan hal yang sama.

Banyak peternak yang sudah menyiapkan poster masing-masing. Rencananya, poster itu dibentangkan di beberapa titik terpisah, sesuai rute yang dilewati Presiden Jokowi saat berziarah ke Makam Bung Karno.

Namun, tindakan itu urung dilakukan karena sejumlah alasan dan pertimbangan.

Sehingga ketika ada satu orang yang berhasil melakukannya, kata dia, para peternak sangat senang karena sebagian aspirasi para peternak tersampaikan ke Presiden Jokowi.

Sukarman mengaku tidak tahu persis identitas peternak yang ditangkap tersebut. Namun, ia memastikan pria itu merupakan salah satu peternak ayam di Blitar.

"Kalau tidak salah namanya Suroto, warga Kecamatan Kademangan," ujarnya.

Informasi yang dia terima dari kalangan peternak, polisi sudah membebaskan Suroto beberapa saat setelah insiden terjadi.

Sementara itu, hingga saat ini Polres Blitar Kota yang menangkap pria pembentang poster itu belum memberikan keterangan apa pun.

Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan masih bungkam meski sejumlah wartawan telah meminta keterangan.

Sebelumnya, seorang pria membentangkan poster ke arah Presiden Jokowi saat Jokowi melintas pelan meninggalkan lokasi vaksinasi di area parkir PIPP menuju Makam Bung Karno, Selasa sore.

Poster yang dibentangkan pria itu berbunyi "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar."

Hanya beberapa detik, seorang warga yang mengaku ketua paguyuban penarik becak segera merebut poster itu. Polisi kemudian menggelandang pria itu menuju ke sebuah mobil.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/08/121103978/kami-tidak-hanya-mendukung-aksi-beliau-kami-anggap-beliau-pahlawan-bagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke