Salin Artikel

Kawasan Wisata Bromo Dibuka Secara Bertahap, Ini Sejumlah Syarat dan Ketentuannya

Pembukaan TNBTS dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani mengatakan, hanya satu pintu masuk kawasan wisata Bromo yang dibuka untuk saat ini.

"Objek daya tarik wisata Bromo, dibuka pada pintu masuk Kabupaten Pasuruan," kata Novita di Malang, Jawa Timur seperti dikutip dari Antara, Senin (6/9/2021).

Pembukaan secara bertahap kawasan wisata Bromo tersebut, berlaku sejak 6 September 2021. Pengumuman tersebut, dikeluarkan dengan nomor PG.25/T.8BIDTEK.1/KSA/9/2021 tentang Pembukaan Objek Wisata dan Daya Tarik Alam di Kawasan TNBTS Kabupaten Pasuruan.

Kawasan TNBTS memiliki empat pintu masuk, di antaranya dari Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan.

Novita menjelaskan, para wisatawan hanya diizinkan memasuki tiga titik kawasan TNBTS, yakni view point penanjakan, bukit kedaluh, dan bukit cinta.

Selain pembatasan titik yang bisa dikunjungi wisatawan, jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas TNBTS.

Novita memerinci, maksimal wisatawan yang diizinkan berada di view point penanjakan sebanyak 222 orang, Bukit Kedaluh 107 orang, dan Bukit Cinta 31 orang.


Secara keseluruhan, hanya 360 orang yang diizinkan memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Kapasitas maksimal untuk saat ini hanya 25 persen," kata Novita.

Para wisatawan juga harus menggunakan aplikasi PelindungiLindungi seperti yang saat ini diterapkan di pusat perbelanjaan.

Para wisatawan juga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 secara ketat saat berada di kawasan taman nasional. Tiket kunjungan ke kawasan Bromo, bisa diakses secara online lewat https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ditutup sejak 3 Juli 2021, saat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/170351078/kawasan-wisata-bromo-dibuka-secara-bertahap-ini-sejumlah-syarat-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke