Salin Artikel

Ajak Selamatkan Banjarnegara, Ganjar Pranowo: Hentikan Pungli, Gratifikasi, dan Korupsi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Kabupaten Banjarnegara setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Budhi Sarwono sebagai tersangka, Senin (6/9/2021).

Ganjar menggelar rapat terbuka bersama seluruh pejabat di lingkungan Pemkab di pendapa Kabupaten Banjarnegara.

Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta seluruh pejabat di lingkungan Pemkab untuk berubah. Perkara yang menimpa bupati setempat tidak boleh mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

"Apakah panjenengan siap berubah atau tidak? Hentikan urusan pungli, gratifikasi dan korupsi. Setuju apa tidak?," tanya Ganjar kepada seluruh pejabat.

Seluruh pejabat serentak menjawab setuju.

"Baik kalau begitu nanti saya dampingi. Banjarnegara harus maju. Ayo kita selamatkan Banjarnegara," ujar Ganjar.

Seusai acara, Ganjar mengatakan, peristiwa yang menimpa Banjarnegara harus menjadi momentum pejabat dan seluruh ASN mereformasi diri.

"Ayo politik anggarannya digitalkan. Kalau sulit nanti kita dampingi. Semua harus elektronik. Saya juga mendorong semua pejabat melaporkan LHKPN. Wajib termasuk DPRD-nya," kata Ganjar.

Ganjar mengusulkan agar menggandeng KPK untuk pencegahan korupsi.

"Saya pesan, ini tinggal sembilan bulan masa jabatan. Maka ini momentum untuk mereformasi diri. Layani masyarakat dengan mudah, murah dan cepat. Di dalam harus transparan, akuntabel dan berintegritas. Sikat semua pungli, nggak boleh ada lagi setoran-setoran," tegas Ganjar.

Ganjar juga meminta Banjarnegara melakukan reformasi politik anggaran.

Tujuannya agar didapatkan anggaran untuk menaikkan tambahan penghasilan pegawai (TPP) supaya ASN tidak melakukan korupsi.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/152442078/ajak-selamatkan-banjarnegara-ganjar-pranowo-hentikan-pungli-gratifikasi-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke