Salin Artikel

Kasus Covid-19 di Jabar Menurun, Ridwan Kamil Minta Daerah Tingkatkan Pengawasan

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta daerah di Jabar meningkatkan pengawasan mobilitas masyarakat menyusul kian menurunnya kasus Covid-19.

Hal itu guna mencegah adanya euforia masyarakat yang berpotensi meningkatkan kasus Covid-19.

Pria yang akrab disapa Emil itu sudah meminta aparat keamanan untuk melakukan razia di pusat kerumunan hingga memberlakukan aturan ganjil genap di wilayah Bandung Raya.

"Jadi memang terindikasi ada euforia. Antisipasinya kita lakukan ganjil genap dimulai hari ini sampai hari Minggu. Akan ada razia untuk restoran, kafe yang tidak memenuhi pembatasan kuota,” kata Emil dalam konferensi pers virtual, Jumat (3/9/2021).

Emil mengamati mobilitas masyarakat mulai meningkat khususnya di daerah tujuan wisata seperti kawasan Puncak Bogor dan Bandung Raya.

“Pada dasarnya kegiatan publik sudah mulai dibuka dengan kehati-hatian. Semangatnya adalah bagaimana kegiatan ekonomi sosial budaya termasuk pendidikan dibuka proporsional dengan pembatasan,” tuturnya.

Ia meminta masyarakat tetap menahan diri dan menjalankan protokol kesehatan.

Sebab, saat ini kondisi penanganan Covid-19 di Jabar cukup membaik. Berdasarkan laporan terbaru, keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate) pada rumah sakit di Jabar kini sebesar 15 persen.

"Tentunya sudah bisa pantau dalam kondisi hari ini BOR kita ada di 15 persen, ini berita baik. Kemudian kasus kita ada di 16 ribu, tidak lagi terbanyak, Jateng 20 ribu kasus aktif. Daerah risiko tinggi tidak ada, mayoritas kuning," jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov Jabar juga sudah membuka fasilitas olahraga publik yakni Lapangan Gasibu dan Saparua yang sudah setahun lebih ditutup.

Berdasarkan pengamatannya, Emil mengatakan, kunjungan ke Gasibu mencapai 150 orang per hari.

Emil meminta agar pembukaan sarana olahraga maupun fasilitas umun lainnya dilakukan secara bertahap.

Bila ditemukan kasus konfirmasi Covid-19 maupun terlihat ada kerumunan, maka fasilitas bisa kembali ditutup.

"Tolong diatur agar semua aktivitas ini secara bertahap supaya kita tetap bisa berjalan, Covid-19 menurun dan ekonomi juga jalan, masyarakat agar tidak euforia," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/03/185218678/kasus-covid-19-di-jabar-menurun-ridwan-kamil-minta-daerah-tingkatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke