Salin Artikel

Cerita 3 Bersaudara Bernama Belakang Dot Com, Berawal Pertemuan Orangtua di Jejaring Sosial

Orangtua mereka, Miftahul Arifin dan Tutik Lestari, sepakat memberi nama yang unik kepada ketiga anaknya tersebut. 

Mereka adalah, Salsabila Sofwah Alamak Dot Com, Mustagfirin Nazhmi Ramadhan Dot Com, serta Daffa Fawwaz Robbani Dot Com.

Saat berbincang dengan Mutagfirin Zahmi Ramadhan Dot Com, ada alasan unik yang membuat orangtuanya memberi nama belakang Dot Com.

Pemuda yang akrab disapa Rama itu menyebut, kedua orangtuanya bertemu lewat situs jejaring sosial pada 1999.

"Orangtua saya itu dipertemukan lewat online awalnya, situs Alamak.com tahun 1999 lalu. Kata ayah sih, saat itu sekali pandangan langsung dilamar. Pandangan pertama ceritanya," ujar Rama saat dihubungi, Selasa (31/8/2021).

Rama menjelaskan, saat itu ayahnya yang asli Gresik sedang bekerja di Yogyakarta. Sementara ibunya yang asli Madiun, bekerja di Batam.

Mereka berdua bertemu di situs Alamak.com. Setelah memutuskan kopi darat, kedua orangtuanya saling jatuh cinta. Mereka memutuskan menikah.

"Karena itu, orang tua kemudian sepakat memberi akhiran nama Dot Com, di setiap nama kami. Malah kakak itu masih pakai akhiran Alamak.com, sedang saya dan adik cuma Dot Com saja di akhiran nama," kata Rama.

Pengalaman Dot Com

Rama yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) mengaku, memiliki pengalaman unik dengan nama tersebut.

Salah satunya, saat sesi perkenalan siswa baru saat menjadi murid SMA Negeri 1 Cerme.

"Awal masuk kelas itu kan ada perkenalan siswa baru, kemudian guru panggil satu persatu nama siswa untuk perkenalan. Ketika giliran saya, sempat tanya juga apakah ini benar ada akhiran dot com di nama saya, kemudian saya jawab benar," tutur Rama.


Sejak saat itu, teman-temannya lebih sering menyapa dengan panggilan Dot Com ketimbang Rama.

Bahkan, teman-temannya pernah meneriakkan nama Dot Com saat memanggil Rama di rumahnya. Hal itu terjadi saat teman-teman Rama hendak mengajaknya bermain di luar.

"Pas saat itu kakak dan adik sedang di rumah juga, jadi sekalian tak ajak keluar. Saya bilang ke teman-teman, ini dot com semua, kalian mau panggil yang mana? seketika itu mereka ketawa semua," kenang Rama.

Rama mengaku tak pernah dirisak meski memiliki nama unik. Warga di sekitar tempat tinggal mereka malah baru tahu ketiga saudara itu memiliki nama unik setelah viral di media sosial.

"Malah saya suka diberi nama ini (dot com), bisa punya banyak teman, karena mudah dikenal orang. Orang kampung sini juga baru-baru ini saja tahu, setelah kami viral. Biasanya ya dipanggil Rama," ucap Rama.

Mulai Viral di TikTok

Rama mengaku sengaja membuat konten 'Dinasti Dot Com' di media sosial TikTok. Konten itu dibuat setelah dirinya mendapat saran dari seorang teman.

Salah satu  video yang diunggah pada Januari 2021 ditonton sekitar 400.000 penonton.

"Kalau yang di Januari kemarin 400.000 viewers, tapi sekarang sudah 5,6 juta viewers. Kemarin itu dapat saran dari teman, karena nama saya dan saudara-saudara itu dinilai unik," kata Rama.

Rama tak menyangka, videonya mendapat respons seperti sekarang. Ia tak memprediksi video itu bakal viral.

Oleh karena itu, Rama sudah menyiapkan video baru yang akan diunggah di TikTok dalam waktu dekat.


Sedang Cedera

Terlepas dari viralnya nama Dot Com yang dimiliki, Rama mengaku menggeluti olahraga, khususnya futsal.

Rama menyebut, dirinya tergabung bersama salah satu klub futsal di Gresik. Sayangnya, Rama saat ini sedang cedera usai bertanding beberapa waktu lalu.

"Sempat ikut turnamen futsal, kemudian saya dapat cedera. Sudah ke rumah sakit, karena ada urat yang putus. Tapi ini disuruh menunggu untuk operasi, karena kemarin kan rumah sakit masih penuh untuk penangganan pasien Covid-19," kata Rama.

Cedera ini pula yang membuat Rama harus menunda sementara perkuliahannya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Terlebih, Rama mengaku terdaftar sebagai mahasiswa UNY jurusan olahraga.

"Kemarin masuk melalui jalur prestasi. Tapi oleh dosen dan rekan di sana disuruh istirahat dulu, sebab sayang juga bayar untuk kuliah kalau saya cedera. Kan kebanyakan penilaian kuliahnya itu dari praktik, sementara saya pasti tidak maksimal karena cedera," tutur Rama.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/192145978/cerita-3-bersaudara-bernama-belakang-dot-com-berawal-pertemuan-orangtua-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke