Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Perjuangan Ketua RT Syahri di Surabaya | Penampakan Petirtaan Peninggalan Majapahit

KOMPAS.com - Perjuangan Ketua RT 02 RW 08, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Syahri menjadi viral di media sosial.

Syahri rela terjun langsung melakukan pencegahan, memberikan edukasi kepada warga, hingga membantu penanganan Covid-19 kepada warga yang membutuhkan.

Berita soal Syahri menyita perhatian pembaca di Kompas.com di hari kemarin.

Sementara itu, berita jejak Kerajaan Majapahit berupa Petirtaan Sumberbeji di Kabupaten, Jombang, juga menjadi sorotan.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, selama 4 periode sejak 2019 hingga Agustus 2021, berhasil menyingkap bentuk Petirtaan Sumberbeji tersebut.

Ini berita populer nusantara secara lengkap:

Syahri menceritakan, aksinya itu saat Satgas Covid-19 di wilayah kampungnya melapor kepada Syahri.

Kemudian, pihak puskesmas juga melaporkan hal yang sama bahwa warga di kampungnya yang terpapar Covid-19 berkeliaran di luar.

"Dari situ saya akhirnya cari orang ini. Ternyata ketemu di pasar itu (Pasar Genteng). Akhirnya saya minta, saya bujuk, saya edukasi, saya ajak pulang," ujar Syahri.

Akhir-akhir ini Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), baru-baru ini mengeluarkan daftar sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami hari tanpa hujan ekstrem panjang.

Dari semua wilayah di Indonesia, NTT tercatat memilih wilayah yang paling banyak mengalami kekeringan ekstrem yakni 22 lokasi.

Hari tanpa hujan terlama di Indonesia yakni daerah Oepoi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang yakni 138 hari.

Tarif baru Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, akan ditetapkan mulai Minggu (29/8/2021).

"Mulai pukul 00.00 WIB dini hari tadi, tarif baru Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah berlaku," kata Manager Cabang PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito di Bandar Lampung, seperti dikutip dari Antara, Minggu.

Menurut Hanung, kenaikan penyesuaian tarif baru ruas tol ini ditandai dengan pemberian 50 bingkisan kepada pengendara pertama yang sudah mulai melakukan pembayaran dengan tarif baru di Gerbang Tol Bakauheni Selatan.

BPCB Jawa Timur telah melakukan ekskavasi (penggalian) di Situs Petirtaan Sumberbeji hingga mencapai 90 persen.

Ekskavasi itu dilakuka dalam 4 tahap sejak 2019 hingga Agustus 2021.

Petirtaan Sumberbeji menyajikan pemandangan unik, yaitu air yang mengalir ke dalam petirtaan.

Melalui saluran di sisi barat, air jernih dari sumber mata air alami terus mengalir tanpa henti.

Seorang remaja berinisial AW (15), warga Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Raiau, tewas usai diterkam harimau sumatera, Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 17.30 WIB.

Menurut Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Mahfud, kejadian berawal saat korban sedang berada di luar pondok tempat tinggalnya.

Sementara, keluargnya berada dalam pondok. Saat korban diterkam harimau, keluarganya sempat mendengar suara jeritan korban meminta tolong dari luar pondok.

"Keluarganya yang berada di dalam pondok mendengar jeritan korban minta tolong. Tak lama setelah itu, tak terdengar lagi suara korban," kata Mahfud saat dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (30/8/2021).

(Penulis: Kontributor Surabaya, Ghinan Salman, Kontributor Jombang, Moh. Syafií | Editor: Pythag Kurniati, Candra Setia Budi, Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/31/060000878/-populer-nusantara-perjuangan-ketua-rt-syahri-di-surabaya-penampakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke