Salin Artikel

Sudah 550.175 Warga Banyuwangi Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Dari jumlah target itu, tercatat 550.175 warga telah mendapat vaksin dosis pertama hingga 28 Agustus 2021. Sementara, baru 222.399 orang mendapat vaksin dosis kedua.

Kemudian 4.569 tenaga kesehatan (nakes) mendapat suntikan dosis ketiga.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono mengatakan, 550.175 orang yang telah mendapat dosis pertama tersebut setara 41,05 persen dari target sasaran.

Untuk tingkat kabupaten, capaian persentase vaksinasi Banyuwagi merupakan yang terbesar kedua di Jatim.

Menurutnya, vaksinasi adalah usaha untuk melindungi warga. Untuk mempercepat program vaksinasi, pihaknya menambah 70 petugas relawan.

"Karena vaksinasi terbukti mampu menurunkan risiko keparahan dan kematian pada pasien yang terpapar," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (30/8/2021).

Sementara itu, Ketua PKK Desa Purwoharjo, Sri Wahyuning, menjelaskan, kader PKK di desanya sangat aktif membantu pelaksanaan vaksin.

Selama lima kali pelaksanaan vaksinasi di desa tersebut, PKK terlibat aktif membantu petugas puskemas.

“Dari awal kami sudah menawarkan untuk bisa membantu. Mulai dari mencatat warga peserta vaksin, sampai mengajak aktif warga untuk vaksin. Pokoknya apa yang bisa kami lakukan, akan kami bantu,” kata Sri.


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebut, rata-rata jumlah vaksinasi setiap hari juga meningkat.

Misalnya, pada pada 23-28 Agustus, terdapat 65.339 orang divaksin di Banyuwangi. Sehingga rata-rata sekitar 10.800 orang divaksin per hari.

Semua itu, lanjut Ipuk, adalah dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jatim yang terus memberi tambahan alokasi vaksin untuk Banyuwangi.

Ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang bahu-membahu menyukseskan vaksinasi.

"Tentu juga kepada warga yang telah antusias divaksin,” ujar Ipuk.

Saat ini, Pemkab Banyuwangi terus mengajukan tambahan alokasi vaksin dosis pertama atau dua. Salah satunya untuk mempercepat vaksinasi remaja usia 12-17 tahun.

Beberapa sekolah sudah mulai menyuntikkan dosis pertama dan bertahap untuk dosis kedua.

"Beberapa hari ini akan saya cek langsung ke sekolah-sekolah. Ini persiapan menyambut pembelajaran tatap muka, yang Insya Allah kembali kita buka bertahap terbatas bila nantinya level PPKM Banyuwangi menurun,” papar Ipuk.

Berdasarkan data Dinkes, pelajar berusia 12-17 tahun yang telah dilakukan vaksin dosis pertama sebanyak 50.333, dan 7.603 orang di antaranya telah menerima dosis kedua.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/30/202727278/sudah-550175-warga-banyuwangi-terima-vaksin-covid-19-dosis-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke