Salin Artikel

97 Santri dan Pengasuh Ponpes di Sleman Positif Covid-19, Berawal dari 2 Orang

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Sebanyak 97 orang santri dan pengasuh salah satu pondok pesantren di Kapanewon (Kecamatan) Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta (DIY) terkonfirmasi positif Covid-19. 

Penewu (camat) Mlati Yakti Yudanto mengatakan awalnya ada dua orang santri yang mengalami gejala.

"Iya, itu ada dua orang yang (bergejala) langsung kita swab. Itu didapati hasilnya positif," ujar Penewu (camat) Mlati Yakti Yudanto, Senin (30/8/2021).

Yakti menyampaikan setelah itu pihaknya mendapatkan informasi jika di pondok pesantren tersebut ada lagi yang mengalami gejala. Kemudian, diputuskan untuk melakukan tes swab massal untuk para santri dan pengasuh ponpes tersebut.

"Swab massal pertama itu Senin tanggal 23 Agustus. Ada 84 yang positif," ucapnya.

Tak berhenti di situ, pada Jumat 27 Agustus 2021 kembali dilakukan swab massal kedua. Hasilnya ada 13 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jumlahnya 97 (orang yang positif) terdiri dari pengasuh dan juga santri," ungkapnya.

Menurut Yakti, mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini mengalami gejala ringan seperti batuk.

Para santri dan pengasuh pondok pesantren yang positif kemudian dibawa ke shelter rumah susun asrama Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) UGM di Berbah, dan wisma UNY di Ngemplak.

"Ada satu orang yang isolasi mandiri," tuturnya.

Menurutnya pasca-ditemukanya adanya kasus positif, pondok pesantren tersebut diminta untuk sementara tidak mengadakan aktivitas kegiatan dahulu.

"Untuk tracingnya sudah selesai. Kita sampaikan untuk tidak mengadakan kegiatan dan aktivitas, terhitung mulai kemarin swab pertama positif itu," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/30/143714878/97-santri-dan-pengasuh-ponpes-di-sleman-positif-covid-19-berawal-dari-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke