Salin Artikel

Mayoritas Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Jombang Sudah Pindah ke Tempat Isoter

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno mengungkapkan, seluruh tempat isolasi terpusat yang disediakan Pemkab Jombang, sudah dimanfaatkan ratusan pasien Covid-19.

Dalam sepekan terakhir, ratusan pasien Covid-19 yang wajib melakukan isolasi, sudah pindah dari rumah masing-masing ke tempat isolasi terpusat.

Kondisi tersebut berbeda dengan sepekan sebelumnya, di mana hampir seluruh pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan, melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Kalau kemarin, dari 122 orang yang Isoman, itu yang 118 orang berada di Isoter," kata Budi kepada Kompas.com, Jumat (27/8/2021).

Di Jombang, pemerintah daerah membuka rumah sehat di 23 SMP sebagai tempat karantina pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan.

Tempat Isoter itu disebut sebagai rumah sehat, tersebar di 21 kecamatan dan diawasi langsung oleh petugas kesehatan dari puskesmas terdekat.

Budi menjelaskan, seluruh pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan, ditempatkan di rumah sehat untuk melakukan isolasi hingga dinyatakan sembuh.

Menurut dia, selain untuk menekan potensi penyebaran di lingkungan terdekat pasien, pemusatan isolasi tersebut dilakukan untuk memudahkan pengawasan dari tenaga kesehatan.

"Kalau di Isoter, pengawasan jadi lebih mudah. Berbeda dengan (isoman) di rumah, kan tidak mungkin petugas kesehatan itu keliling ke rumah-rumah," jelas Budi.


Ia menambahkan, perkembangan kasus Covid-19 mengalami penurunan saat memasuki pekan ketiga Agustus 2021.

Selain turunnya kasus terkonfirmasi, kasus kematian akibat Covid-19 juga mengalami penurunan.

Meski demikian, Budi meminta masyarakat tidak lengah dan tetap waspada karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Di samping disiplin memakai masker dan rajin cuci tangan, masyarakat diminta tetap menjaga jarak aman antarsesama serta menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sementara itu, merujuk data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Jumat (27/8/2021), jumlah kasus aktif Covid-19 sebanyak 382 kasus.

Secara kumulatif hingga Jumat, jumlah kasus Covid-19 tercatat sebanyak 11.718 kasus.

Dari jumlah itu, tercatat kasus kematian sebanyak 1.490, sedangkan orang yang berhasil sembuh dari Covid-19, sebanyak 9.846.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/210355978/mayoritas-pasien-covid-19-isolasi-mandiri-di-jombang-sudah-pindah-ke-tempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke