Salin Artikel

Armuji Pastikan Tarif Swab PCR di Surabaya Paling Mahal Rp 495.000

Di antaranya Laboratorium Parahita yang terletak di Jalan Dharmawangsa dan Poin of Care Swab Center National Hospital, Jalan Sulawesi, Surabaya.

Kunjungan Armuji ini bertujuan untuk memastikan bahwa harga swab PCR telah sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat.

Hal itu sesuai dengan ketetapan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), senilai Rp 495.000 untuk pulau Jawa dan Bali, serta Rp 525.000 untuk luar pulau Jawa dan Bali.

Dalam kesempatan itu, Cak Ji, sapaan lekat Armuji, memastikan bahwa harga swab PCR di Kota Pahlawan sudah turun sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat.

Bahkan, ia mengurai dengan penurunan harga tersebut, ternyata masyarakat sebagian besar melakukan swab PCR dibandingkan dengan tes  antigen.

"Sekarang harga swab PCR di Kota Surabaya sudah turun sesuai ketentuan dari Pemerintah Pusat melalui Edaran Kementerian Kesehatan," kata Cak Ji di Surabaya, Jumat (27/8/2021).

Dia menjelaskan, seiring dengan semakin terjangkaunya tarif swab PCR,  maka persentase testing di Kota Surabaya diprediksi juga akan semakin meningkat.

Sehingga proses tracing, testing dan treatment (3T) juga bisa semakin masif dilakukan demi memutus penyebaran laju Covid-19.

"Tentunya kita harapkan bukan cuma landai, tetapi terjun bebas ke bawah menjadi zona hijau. Tapi tetap, protokol kesehatan (prokes) selalu kita ingatkan," kata dia.


Sementara itu, Manager Umum National Hospital Anindito Kusumojati menambahkan, untuk saat ini harga swab PCR di National Hospital senilai Rp 492.000.

Sedangkan, untuk harga tes antigen yakni Rp 178.000.

"Untuk saat ini jumlahnya dalam satu minggu terakhir, kira-kira ada sedikitnya 60 orang per hari yang dites PCR,” jelas dia.

Tidak hanya itu, Anindito memaparkan, untuk saat ini masyarakat yang melakukan tes secara drive thru di Point of Care Swab Center National Hospital, Jalan Sulawesi, lebih banyak memilih memanfaatkan swab PCR dibandingkan tes antigen.

"Untuk saat ini memang hampir 70 persen di tempat kami masyarakat memilih swab PCR," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/204417978/armuji-pastikan-tarif-swab-pcr-di-surabaya-paling-mahal-rp-495000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke