Salin Artikel

Kasus Covid-19 di Jabar 5.000 Per Hari, Tertinggi Se-Indonesia, Ridwan Kamil: 4.000-nya Data Lama

Dalam konferensi pers virtual yang digelarnya, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, tingginya kasus harian Covid-19 di Jabar akibat data lama. Sebab dari 5.000 kasus per 24 Agustus itu, 4.000-nya data kasus lama.

"Tiga hari terakhir, ada sinkronisasi data dari Depok, misalnya. Kemungkinan hari ini terakhir, dua hari terakhir naik 5.000-an, hari ini juga," kata Emil dalam konferensi pers virtual, Jumat (27/8/2021), dikutip dari Tribun Jabar.

"Tapi dalam waktu bersamaan update kesembuhan dari Depok tinggi, rata 10.000-an. Sehingga total, walaupun ada laporan kasus harian naik, malah kasus aktifnya turun sampai tadi minus 15.000," lanjutnya. 

Pentingnya update data

Dampak dari data lama yang belum terverifikasi tersebut, misal, Cianjur dinaikkan status PPKM-nya jadi risiko tinggi. Padahal setelah dikonfirmasi, tak ada lonjakan kasus.

Tak heran jika Emil menyebut keterlambatan verifikasi data ini jadi penghambat penetapan level PPKM.

"Kami mengusulkan, kalau kasus yang diverifikasinya kasus lama, jangan dijadikan sebagai dasar menghitung level kewaspadaan di hari ini. Karena kayak lima ribu kemarin itu empat ribunya data lama. Kalau lima ribunya dijadikan dasar utuk menghitung level kewaspadaan hari ini kan enggak fair. Nah, itu yang terjadi di Cianjur juga," kata Emil.


Daerah di Jabar dengan persentase kasus tertinggi

Emil mengatakan, ia mendapati persentase kasus aktif tinggi di Kabupaten Tasikmalaya, Subang, dan Indramayu.

Untuk itu, pada minggu ini pihaknya akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait mengenai update data. Sebab, dicurigai kasusnya sama seperti Depok, yakni ada kasus yang belum ter-update di pusat.

Emil menuturkan Pemprov Jabar bersama kabupaten/kota di Jabar mulai memverifikasi kasus lama untuk dilaporkan secara bertahap.

"Jangan kaget kalau Jabar seolah-olah ada kenaikan kasus dalam tiga hari terakhir. Itu semata-mata karena kasus lama yang mulai diverifikasi lagi," ucap Emil.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Jabar Sumbang Angka Covid-19 Tertinggi di Indonesia, Gubernur Ridwan Kamil Ungkap Fakta Sebenarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/161659378/kasus-covid-19-di-jabar-5000-per-hari-tertinggi-se-indonesia-ridwan-kamil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke