Salin Artikel

Perpanjangan PPKM, Situs Cagar Budaya Majapahit Masih Tutup bagi Wisatawan

JOMBANG, KOMPAS.com - Situs cagar budaya peninggalan Majapahit di Jawa Timur masih ditutup bagi wisatawan. 

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Zakaria Kusimin mengatakan, penutupan situs-situs di bawah naungan BPCB diberlakukan karena pemerintah memperpanjang PPKM hingga 30 Agustus 2021.

"Karena masih PPKM, semuanya masih kita tutup. Nanti kalau sudah tidak PPKM dan kasus Covid-19 turun, kita buka lagi," kata Zakaria kepada Kompas.com, di Jombang, Jumat (26/8/2021).

Pihaknya belum bisa memastikan kapan wisatawan diizinkan untuk mengunjungi situs yang ditutup sejak akhir Juni 2021 itu.

Di wilayah Trowulan, Kabupaten Mojokerto, situs cagar budaya peninggalan Majapahit biasanya menjadi sasaran wisatawan untuk berkunjung.

Masyarakat datang dari berbagai kalangan dan berbagai daerah meramaikan situs cagar budaya pada akhir pekan.

Zakaria mengatakan, penutupan situs cagar budaya bertujuan menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi kerumunan orang di kawasan cagar budaya.

Langkah itu juga menjadi cara mendukung upaya pemerintah menekan laju kasus Covid-19, dengan membiasakan perilaku memakai masker, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak.

"Mudah-mudahan kasus Covid-19 segera turun dan pandemi berakhir, sehingga situs cagar budaya bisa dibuka kembali," kata Zakaria.

Adapun situs cagar budaya peninggalan Majapahit di Trowulan yang ditutup untuk umum yakni Candi Brahu, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, dan Candi Gentong.

Selain Museum Trowulan, kawasan situs cagar budaya yang ditutup yakni Kolam Segaran dan Sumur Upas.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/085917078/perpanjangan-ppkm-situs-cagar-budaya-majapahit-masih-tutup-bagi-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke