Salin Artikel

"Running Text" Lalu Lintas Dibajak, Ditulisi Wali Kota Lhokseumawe Siap-siap Dijemput KPK

Muncul tulisan “Pak Suaidi Siap- siap ga lama lagi kami jemput by KPK”.

Tulisan itu lalu viral di media sosial dan menjadi tontonan warga Kota Lhokseumawe yang melintas di jalan utama kota itu. Kondisi itu berlangsung sekitar 20 menit.

Sehari sebelumnya, di lokasi yang sama muncul tulisan “I Love You Ajid”.

Kepala Dinas Perhubungan, Kota Lhokseumawe Mulyanto, dihubungi per telepon, Kamis (26/8/2021) memastikan tulisan Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya akan dijemput KPK itu murni dibajak alias diretas oleh orang yang belum diketahui identitasnya.

“Kejadiannya semalam. Begitu kita tau langsung kita matikan. Hari ini kami laporkan ke polisi. Ini sudah menganggu. Sudah dua kali. Kita pikir awalnya ini iseng saja. Rupanya ini upaya serius dan menganggu kenyamanan dan ketertiban kota,” kata Mulyanto.

Karena aksi itu serius, sambung Mulyanto, maka harus direspons secara serius yaitu penegakan hukum.

“Agar jangan terbiasa main-main di fasilitas publik,” katanya.


Penyebab mudah diretas

Dia menjelaskan display lampu lalu lintas ini mudah diretas orang sebab sistemnya secara manual, pengendalinya juga bisa diatur di tiang lampu merah.

Oleh sebab itu, agar tak terulang lagi pihaknya akan memprogramkan sistem Area Traffic Control System (ATCS) yaitu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi di setiap persimpangan kota.

Selain itu dapat mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas.

“ATCS nanti kontrolnya akan ada di dinas, jadi setiap ada pergerakan yang aneh-aneh kita bisa kontrol oleh petuda di dinas,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/26/154944678/running-text-lalu-lintas-dibajak-ditulisi-wali-kota-lhokseumawe-siap-siap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke