Salin Artikel

Pemkab Banyumas Sediakan Tes Antigen Gratis di Alun-alun Purwokerto, Kuota Sehari 50 Orang

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah, memfasilitasi tes antigen gratis bagi masyarakat umum di Alun-alun Purwokerto.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, untuk sementara kuota tes antigen dibatasi hanya 50 orang per hari.

"Ini salah satu program (untuk memperbanyak) testing, dengan kesadaran masyarakat, tidak kami paksa," kata Husein saat memantau tes antigen hari pertama di Alun-alun Purwokerto, Jumat (20/8/2021).

Husein menjelaskan, apabila ada yang terdeteksi positif Covid-19, maka akan diarahkan untuk isolasi mandiri atau isolasi terpusat di Baturraden.

"Kami akan lantau, kmi juga siapakan obat-obatan dan vitamin. Kalau ada yang positif tanpa gejaja dikasih vitamin, kalau gejala ringan kami kasih obat juga," ujar Husein.

Lebih lanjut, dia mengatakan, semula pemkab akan memfasilitasi tes antigen bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

"Setelah dipikir-pikir kasihan masyarakat, kita gratisin saja. Masa lagi sakit disuruh bayar. Kalau kita ada (alat tes antigen) kenapa harus bayar," kata Husein.

Husein menambahkan, dinas kesehatan saat ini memiliki sebanyak 23.000 alat tes antigen.

"Tes ini akan dilakukan seterusnya. Kami minta pengecekan stand by di sini. Ini kan masih temporer, nanti kami permanenkan," ujar Husein.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/20/112436278/pemkab-banyumas-sediakan-tes-antigen-gratis-di-alun-alun-purwokerto-kuota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke